IBC, MAMUJU – Serikat Pekerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (SP BPJAMSOSTEK) menyerahkan bantuan sebesar Rp310 juta untuk korban bencana alam di berbagai daerah di Indonesia. Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Ketua Umum SP BPJAMSOSTEK, Tri Candra Kartika kepada Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar di Kantor Gubernur Sulawasi Barat, Jumat (05/02/2020).

Ali Baal mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh SP BPJAMSOSTEK ini, bantuan yang diberikan akan langsung diserahkan kepada masyarakat Mamuju yang terkena dampak dari bencana.

“Saya selaku Gubernur Sulawesi Barat mengucapkan terima kasih atas atensi yang diberikan kepada kami dalam rangka penyerahan bantuan peduli bencana alam di Sulawesi Barat, mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk warga kami dan semoga amal ibadah dari rekan-rekan semua diterima oleh Allah SWT,” ujar Ali Baal.

Selanjutnya Ketua Umum SP BPJAMSOSTEK Candra mengatakan, bahwa SP BPJAMSOSTEK ikut merasakan keprihatinan dan duka yang mendalam atas serangkaian bencana alam sejak awal tahun 2021. Tak pelak, beberapa kantor cabang pelayanan BPJAMSOSTEK pun juga terdampak musibah tersebut.

“Bencana alam yang terjadi sejak awal tahun ini menambah duka sejak bencana Covid-19 menerpa tanah air yang tentu tidak mudah untuk dapat melewatinya. Semoga bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban dan mempercepat proses pemulihan korban, baik secara fisik maupun mental. Bantuan ini kami sesuaikan dengan kebutuhan warga di masing-masing daerah yang terdampak,” jelas Candra.

Bersamaan dengan penyerahan bantuan di Mamuju, SP BPJAMSOTEK juga secara serentak mendistribusikan bantuannya ke daerah-daerah lain yang terdampak bencana alam seperti di Banjarmasin (Kalimantan Selatan), erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember (Jawa Timur), erupsi Gunung Merapi dan tanah longsor di Sumedang Jawa Barat.

Candra menjelaskan, SP BPJAMSOSTEK melaksanakan aksi sosial ini dari tingkat kepengurusan kantor pusat, kantor wilayah sampai kantor cabang melalui penggalangan dana secara sukarela oleh anggota SP BPJAMSOSTEK guna meringankan beban yang ditanggung oleh korban yang tertimpa musibah.

“Bantuan ini merupakan aksi sukarela dari anggota SP BPJAMSOSTEK untuk saling bahu membahu memberikan kontribusi bagi negeri ini di tengah upaya pemerintah memulihkan perekonomian nasional, dan juga salah satu bentuk implementasi atas nilai-nilai kepedulian yang ada di BPJAMSOSTEK dan bagian dari aktualisasi tanggung jawab sosial secara pribadi,” ungkap Candra.

Dalam aksi ini juga turut Yayasan Al Maghfirah BPJAMSOSTEK menyalurkan bantuan untuk korban bencana di Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan.

“Kami berharap semoga korban dan keluarga korban diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini dan semoga kondisi segera membaik, sehingga warga dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. SP BPJAMSOSTEK mengajak segenap elemen yang ada untuk bersama-sama menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan sebagai salah satu warisan berharga bagi para generasi penerus negeri ini,” tutupnya.

Penulis : RDK|MAS