IBC, JAKARTA – Viral, Wanita bernama lengkap Helena Lim yang dikenal publik dengan rumah super mewahnya ini mendadak kembali menjadi perbincangan publik di tanah air, pasalnya diketahui bahwa video yang diunggahnya dalam Instastory miliknya (@helenalim899) terlihat ia dan beberapa orang lainnya sedang divaksinasi oleh Tenaga Kesehatan (medis) di Puskesmas Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Akibatnya, banyak netizen mempertanyakan status wanita yang berjuluk Crazy Rich ini, Apakah ia benar sebagai Tenaga Kesehatan yang masuk dalam kategori prioritas untuk divaksin? Atau seorang wanita yang kaya raya dengan harta yang berlimpah sebagai pemilik (pemegang saham Apotek Bumi di Green Garden?

Seperti dikutip dari kumparan.com, Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko menjelaskan bahwa Helena merupakan pemilik Apotek Bumi di Kebun Jeruk Jakarta Barat. Wakil Wali Kota tersebut menegaskan bahwa pemilik apotek termasuk nakes (Tenaga Kesehatan) seperti disebut dalam UU Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan Pasal 11.

Namun hal itu berbanding berbalik dengan bawahannya, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Kristy Warthini yang justru menerangkan berbeda dengan atasannya tersebut, bahwa Helena Lim dan keluarganya membawa surat keterangan bekerja saat datang ke Puskesmas Kebun Jeruk. Bahkan menurut Kristy, Helena diduga mengaku sebagai pekerja apotek. “Yang bersangkutan membawa surat keterangan bekerja di apotek sebagai penunjang,” ujar Kristy seperti dilansir Inews.id, Senin 8 Februari 2021.

Sementara dilain pihak, menurut Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmidzi, bahwa pemilik apotek tanpa gelar apoteker tidak masuk untuk divaksin duluan. “(Pemilik apotek tanpa gelar apoteker) enggak (divaksin duluan),” ujarnya Jubir Vaksinasi Kemenkes RI seperti dilansir kumparan, Senin (8/02/2021).

Berdasarkan hal tersebut, dan saat ditelusuri serta dimintai konfirmasinya kepada pemilik Apotek Bumi Green Garden yang mengeluarkan Surat Keterangan Kerja Helana Lim, yakni, Hendri Sudjono mengaminkan bahwa benar Helena Lim sebagai pekerjanya. “Benar pak selama ini ibu Helena semenjak Covid banyak membantu pengadaan barang APD dengan memberikan masker, sarung tangan di apotik saya,” ujarnya melalui pesan singkat Whatsapp kemarin, Senin (8/2/2021).

Saat ditanya ada berapa karyawan bapak yang divaksinasi? Hendri menjawab, “kita semuanya sif pagi dan malam semuanya ada total 15 orang termasuk saya dan ibu Helena,” tulisnya.

Lebih lanjut Hendri menjelaskan, bahwa Helena juga banyak membantu pihaknya menyalurkan APD saat pendemi ke daerah-daerah, “Maaf sebelumnya ya krn ibu helena juga sewaktu pandemik byk membantu juga utk penyaluran ke daerah2 yg membutuhkan apd,”

Apakah hal tersebut ditugaskan sebagai karyawan di Apotek Bapak?

“Dia sebagai pemegang saham dan sambil mau membantu juga kerja saya,” ujar Hendri menjawab pertanyaan awak media Indonesia Berita.

Demikian Helena Lim juga saat dimintai konfirmasinya membenarkan bahwa ia bekerja di Apotek tersebut sejak tahun 2020. “Iya pak, benar sejak covid dr 2020 saya bekerja sama dan membantu di apotik bumi untuk pengadaan barang alat2 kesehatan dan pengaturan pembelian dan pengiriman barang2 askes,” tulisnya melalui pesan singkat Whatsapps, kemarin, Senin (8/2/2020).

Ibu sebagai apa di Apoteknya? Karyawan atau sebagai rekanan?

“Karyawan ya pak,” jawabnya.

Selanjutnya awak media kembali menanyakan, Apakah benar ibu telah divaksin di Puskesmas Kebun Jeruk?

“Iya pak,” pungkasnya.

Penulis : AS|YES