IBC, SUMSEL – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) gelar rapat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumsel terkait persiapan acara pengukuhan satuan tugas (satgas) pengawas Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) pada perairan/laut wilayah Sumsel di Aula Bapenda Provinsi Sumsel, Selasa (9/2/2021)

SKPD yang hadir dalam rapat Dirut Polairud Polda, SPRI Polda, SPRI Pangdam, Dandem Pol Lanal, Pol PP Sumsel, Dinkes Sumsel, Kominfo Pemprov Sumsel, Dishub, dan jajaran Bapenda Pemprov Sumsel.

Kepala Bapenda Hj. Neng Muhaiba mengatakan rapat hari ini merupakan pemantapan persiapan acara pengukuhan pengawas PBBKB khusus khusus di wilayah perairan Provinsi Sumsel.

“Kita mengecek kesiapan dari SKPD yang bertugas sesuai dengan bidangnya pada masing-masing pada acara pengeukuhan tersebut, karena jumlah satgas yang dibentuk berjumlah 50 orang,” ujarnya.

Selanjutnya Neng Muhaiba menjelaskan Satgas pengawas PBBKB dibentuk karena banyak penyedia Bahan bakar bermotor di wilayah perairan dan langsung akan dipimpin oleh Sekda Pemprov Sumsel.

“Kita akan cari tahu kenapa masih banyak yang tidak mentaati aturan, seharusnya mereka membayar pajak sebagai penyedia bahan bakar bermotor,” jelasnya.

Ia juga mengatakan dibentuknya Satgas PBBKB merupakan ide dari Gubernur Sumsel karena beliau awal bekerja menjadi ASN di Bapenda dan belau sudah mengetahui banyak tentang Bapenda.

“Bapenda Provinsi Sumsel sebagai legisektornya dan tinggal menyikapi apa maunya pimpinan sehingga beliau akan mengesahkan Satgas PBBKB pada tanggal 11 Februari 2021 nanti,” ucapnya.

Kemudian Neng Muhaiba mengungkapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) provinsi Sumsel dari PBBKB wilayah darat dan perairan menyumbang 30% dan target dibentuknya satgas PBBKB ini akan meningkatkan PAD dari sebelumnya.

“Target yang telah kita tetapkan selama beberapa tahun ini kita selalu diatas over target diatas 100% dari PBBKB dan yang kita inginkan sekarang bukan pesentase tetapi meningkatnya jumlah dari realisasi PBBKB khususnya wilayah perairan ,” harapnya.

Terakhir Neng Muhaiba menambahkan dengan disahkan Satgas PBBKB khususnya wilayah perairan provinsi Sumsel oleh Gubernur akan berdampak positif bagi masyarakat khususnya diwilayah perairan

“Kedepan semoga tidak ada lagi wajib pajak yang tidak patuh dengan aturan dan dengan mereka mentaati aturan akan meningkat PAD provinsi Sumsel dari sektor PBBKB,” turupnya.

Penulis : Zul | YES