IBC, PALEMBANG – Forum Aliansi Masyarakat lingkungan (FAMl) PT Pusri Palembang peninjaun langsung survey lapangan untuk rencana lokasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat lingkungan PT Pusri di kecamatan Kalidoni Jalan Purwosari 6 dan 8 Palembang, Selasa (9/2/2021).

Ketua FAML PT Pusri Suparman Roman mengatakan lahan yang disurvey mempunyai prospek yang baik untuk pengembangan ekonomi terutama untuk usaha-usaha masyarakat dibidang perternakan dan perkebunan.

“Luas lahan yang kita survey sekitar 4 (empat) hektar tapi efektif yang kita gunakan 1 (satu) hektar dan akan kita survey lagi dengan membawa tim akademik sebagai pendamping atau konsultan agar program ini berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Suparman Roman mengungkapkan bantuan dari PT Pusri sifatnya batuan modal bergulir yang harus dikembalikan karena bukan dana hibah dan bantuan ini bergulir secara bertahap.

“Ini sangat baik untuk membina mentalitas dan memotifasi masyarakat lingkungan PT Pusri bahwa selain kita mendapat bantuan ada tuntutan tanggung jawab untuk mengembalikan modal agar bisa digulirkan kepada masyarakat dilingkungan yang lain, yang belum mendapatkan kesempatan bantuan pada tahap yang pertama,” jelasnya.

Ia menjelaskan formatnya akan membentuk kelompok usaha warga masyarakat dimana setiap kelompok beranggotakan 5 sampai 10 orang.

“Bersama-sama setelah kita himpun informasi, mendata dan mengimpentalisir potensi apa saja yang bisa kita lakukan untuk pemberdayaan sehingga tim pendamping kita akan musyawarah dengan tim pendamping PT Pusri akan membuat formulasi seperti apa program yang efektif dan efisien,” ucapnya.

Terakhir Suparman menambahkan PT Pusri memberikan bantuan dengan menggunakan dana CSR yang dikeluarkan setiap tahunnya.

“Untuk masyarakat akan lebih termotifasi dan menumbuhkan sebuah kesadaran bahwa bila akan merubah nasib dan perekonomian kita maka yang harus dilakukan berusaha bekerja keras dengan membuat gerakan yang nyata yaitu bagaimana kita melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi pemberdayaan masyarakat dimana kita ketahui masyarakat masih membutuhkan pembinaan dan disinilah peranan PT pusri,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES