IBC, TALIABU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulau Taliabu melakukan pencanangan vaksinasi COVID-19, bertempat di Gedung Hemungsia Siadufu, Rabu (10/2/2021) sekira pukul 10:15 WIT.

Pencanangan vaksinasi tersebut, dihadiri sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), salah satunya Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Pulau Taliabu, Agustinus Herimulyanto.

“Saya bersyukur menjadi kesempatan yang pertama (divaksinasi) di Taliabu,” kata Agustinus pada wartawan usai disuntik vaksin sinovac Covid-19.

Sebagai orang mendapatkan vaksinasi pertama, ia mengungkapkan tidak ada rasa kesakitan.

“Saat divaksin, ketika vaksin masuk (disuntik) tidak ada rasa sakit seperti disuntik biasa, karena jarumnya juga kecil,” ujar Agustinus.

Bahkan, menurut Agustinus menjelang 10 menit tanpa adanya reaksi vaksinasi tersebut.

“Jadi nanti di observasi setelah 30 menit, tapi yang jelas setelah divaksin tidak ada masalah,” terangnya.

Selanjutnya Agustinus mengaskan kepada seluruh masyarakat Pulau Taliabu, agar tidak takut untuk divaksin, sebab hal tersebut dilakukan untuk menangkal penyeberangan virus yang tidak diinginkan.

“Kemudian saya tekankan bahwa, masyarakat nantinya bisa segera menerima dan jangan sampai ada penolakan terhadap vaksinasi. Karena ini untuk kepentingan seluruh masyarakat Taliabu dan kepentingan bangsa kita supaya bisa survive (bertahan) kedepannya,” tegas Kajari Pulau Taliabu.

Maka soal vaksinasi ini, masyarakat tidak perlu menghindar, sebab produk vaksin sinovak Covid-19 tersebut, telah dinyatakan aman dan halal oleh lembaga Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kan jelas sudah ada lembaga yang kompeten untuk memeriksa itu, dan sudah menyatakan itu aman, dari sisi keagamaan kan halal,” ujar Agustinus.

Penulis : HVD | YES