IBC, PALEMBANG – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Palembang gelar Kejuaraan pencak silat tingkat dewasa tahun 2021 di GOR Dempo Jakabring Sport Center Palembang, Jum”at (12/2/2021)

Ketua Pelaksana Kejuaraan Darmayanti mengatakan dengan tidak adanya Pekan Olah Raga kota (Porkot) Palembang pada tahun ini maka sebanyak 34 perguruan silat yang ada di Kota Palembang dibuatlah kejuaran pencak silat dewasa yang batas usia dengan maksud untuk memilih atlet untuk Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) OKU Raya mendatang.

“Tapi setelah digelarnya kejuaran ini akan ada pembinaan kembali guna untuk adanya seleksi persiapan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) 2021 OKU Raya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan mereka yang ikut dikejuaraan ini adalah utusan yang terbaik dari seleksi 18 (delapan belas) kecamatan yang ada di Kota Palembang sebanyak 247 katagori peserta yaitu 214 peserta katagori tanding, 23 tunggal, 8 ganda dan 2 regu.

“Dari hasil kejuaran ini atlet akan didapat Juara satu, dua dan tiga yang dinamakan sirkuit dimana akan diseleksi kembali dan siapa yang terkuat itulah yang mewakili kota Palembang menuju porprov OKU Raya,” jelas Darmayanti.

Darmayanti menambahkan terkait ucapan Ketua KONI Kota Palembang mengenai atlet yang ikut seleksi persiapan Porprov OKU mewakili Kota Palembang jangan sampai pindah mewakili daerah kabupaten kota lain maka kami siasati dengan membuat peraturan.

“Maka siasat dari IPSI khususnya di kejuaran ini masing-masing menejer atau perguruan yang mewakili dari setiap kecamatan menanda tangan surat perjanjian dimana jika pelatih dari setiap perwakilan bandel bawa atlitnya untuk mewakili daerah lain pada saat mendapatkan juara satu, dua, tiga dan belum masuk degradasi pada kejuaran ini maka dikenakan sangsi tidak boleh ikut event selama dua tahun,” tegasnya

Terakhir Darmayanti mengharapkan sebagaimana saya sampaikan pada saat menyampaikan kata sambutan pada pembukaan acara kejuaran pencak silat dewasa 2021.

“Dengan terjaringnya atlet-atlit ini IPSI berharap dapat menyumbang mendali emas di Porprov OKU Raya 2021 mewakili kota Palembang ,” tutupnya

Penulis : Zul | YES