IBC, PALEMBANG – Komunitas Ikan Cupang Palembang dan Komunitas Aksi Cepat Tanggap (ACT) gelar kegiatan lelang amal ikan cupang peduli banjir Kalimantan Selatan dan Gempa Sulawesi Barat, hal ini dilakukan untuk membantu saudara yang terkena bencana alam, Minggu (14/2/2021) yang dilaksanakan di De Concept Cafe.

Kegiatan yang berlangsung dengan lancar ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa, dengan disponsori oleh pemuda dan pemudi melalui Tim Independen Kita Peduli Kota Palembang Rezeki Dalu.

“Melalui hobi yang cukup baik ini diharapkan anak muda akan memiliki rasa kepedulian yang sangat tinggi. Peduli dengan derita yang dialami saudara sebangsa.Tentu saya sangat bangga dan juga bersyukur akan peran aktif dari berbagai komunitas yang ikut dalam kegiatan ini,” ujar Ratu Dewa.

Dirinya mengungkapkan bahwa partisipasi bersama ini akan meringankan beban korban bencana alam di Kalsel dan Sulbar.

“Partisipasi bersama ini dapat meringankan beban korban bencana alam di Kalsel dan Sulbar,” ungkap Ratu Dewa.

Kegiatan tersebut turut didukung Charma Afrianto selaku ketua Tim Independen Kita Peduli, menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kemanusian terhadap saudara setanah air yang sedang dilanda bencana alam.

Ia menambahkan kegiatan yang dilakukan oleh penggiat ikan cupang ini diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat, tak hanya sekedar hobi melainkan dapat memacu komunitas lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial serupa.

”Saat ini ada sebanyak 150 ikan yang akan dilelang, tadi juga sempat ikan lelang ini dibeli oleh Sekda Kota Palembang. Sekda sendiri membeli ikan dua ekor dengan nominal Rp. 2 juta,” tukas Charma.

Charma menjelaskan bahwa hasil lelang ini 100% akan disumbangkan kepada saudara yang terdampak bencana di Kalsel dan Sulbar.

“Hasil lelang akan disumbangkan 100% untuk saudara yang terdampak bencana alam di Kalsel dan Sulbar,” jelasnya.

Sementara Ketua relawan ACT Sumsel yakni Uke Restu Ananda menyatakan kegiatan ini merupakan kali pertama lelang menggunakan makhluk hidup.

“Memang kegiatan yang didukung atau disupport oleh ACT sendiri sudah beberapa kali dalam pelaksanaan metode lelang. Tapi untuk ikan hias ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh pihak kami, sebelumnya kami melakukan lelang benda seperti sal Palestina, namun kali ini untuk lelang ikan yang pertama kali dilaksanakan,” tandas Uke.

Uke menerangkan bahwa semua keuntungan lelang ini akan diserahkan kepada pihaknya dan disalurkan melalui bantuan kepada korban bencana di Kalimantan dan Sulawesi.

“Bagi kawan-kawan bisa ikut berpartisipasi dengan lelang secara online ini melalui akun FB Lelang Cupang Palembang yang akan berlangsung sampai malam hari nanti,” tutupnya.

Peserta yang menyumbangkan ikannya untuk dilelang capai 33 pam atau peternak ikan cupang, semuanya tergabung dalam grub cupang Betta Lovers itu sendiri.

Penulis : Ridho | YES