IBC, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) terpilih Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP untuk masa jabatan 2021-2024. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, yang disiarkan juga secara virtual.

Dalam acara itu Jokowi melantik dan mengambil sumpah gubernur dan wakil gubernur Kaltara serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sultra) terpilih Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw  untuk masa jabatan tahun 2021-2024.

Pelantikan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen T.P. dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Sementara Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara untuk Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Jokowi mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada masing-masing pasangan gubernur dan wakil gubernur, diikuti ke empat kepala daerah itu, Senin (15/02/2021) kemarin.

Dengan terlaksananya acara pelantikan dan pengambilan sumpah itu, Zainal Arifin Paliwang dan Yansen T.P. serta Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw telah resmi mengemban amanah masing-masing sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Penulis : GKS | YES