IBC, SULA – Warga Mangoli Utara dan Mangoli Barat Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara keluhkan soal badan jalan yang terkesan tanpa perbaikan alias rusak.

Hal ini pun dinilai bahwa pemerintah daerah terkait, terkesan tutup mata (tanpa evaluasi), soal kondisi badan jalan yang rusak, tepatnya di Desa Falabisahaya (Mangoli Utara) dan di sejumlah titik jalan menuju Kecamatan Mangoli Barat.

Padahal, hal tersebut bukan lagi rahasia untuk disembunyikan, semestinya prospek pembangunan jalan lebih diupayakan secara optimal dengan berjalannya waktu.

Faktanya, dibeberapa titik badan jalan antara Mangoli Utara dan Barat terdapat banyak jalan yang berlubang tanpa adanya perbaikan.

“Iya badan jalan memang rusak, kalau hujan itu jalan separuh berlubang baru berpecek,” ungkap seorang warga pengguna jalan, yang enggan menyebut namanya, Selasa (16/2/2021).

Untuk diketahui, jalan aspal di wilayah Mangoli Barat terdapat beberapa pembangunan aspal yang dilakukan pada saat beroperasinya PT. Barito Pasifik Group.

“Jalan ini dulu masih bekasnya Barito (perusahaan yang pernah Beroperasi di Mangoli Utara), tapi sudah lama jadi aspalnya rusak sisa bebatuan yang timbul dipermukaan jalan,” ujar dia.

Kondisi Badan Jalan Wilayah Kecamatan Mangoli Barat. Foto : HVD/IBC

Sementara itu, dirinya berharap agar sekiranya pihak Pemerintahan Daerah Kabupaten Kepulauan Sula dapat melakukan perbaikan dari aspeks infrastruktur.

“Kalau saya punya mau, mungkin dengan semua masyarakat punya mau, pemerintah harus perbaiki akses jalan Mangoli Utara menuju Mangoli Barat, supaya kami bisa menikmati jalan yang baru dan tidak berpecek lagi ketika hujan,” harap warga tersrbut.

Penulis : HVD | YES