IBC, JAKARTA – Paris Saint Germain (PSG) berhasil mengalahkan Barcelona 4-1 dalam laga leg pertama 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Rabu (17/2/2021) dini hari waktu Indonesia.

Dalam pertandingan ini PSG tidak diperkuat bintang asal Brasil Neymar, namun Kylian Mbappe membuktikan dirinya dengan memborong tiga gol ke gawang Marc-Andre ter Stegen dan satu gol PSG lainnya dicetak Moise Kean, gol Barcelona dicetak sang kapten Lionel Messi.

Pertandingan dua klub raksasa ini berlangsung ketat dengan jual beli serangan hingga menit ke-25.

Tim asuhan Ronald Koeman unggul terlebih dahulu pada menit 27 setelah Frenkie De Jong dijatuhkan Layvin Kurzawa di dalam kotak penalti dan wasit menunjuk titik putih. Messi tampil sebagai algojo dan sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Berselang lima menit kemudian, PSG mampu menyamakan kedudukan, berawal dari Kurzawa memberikan umpan silang ke kotak penalti yang diteruskan Marco Verratti dengan umpan flick kepada Kylian Mbappe.

Lewat aksi individunya, Mbappe mampu melewati bek Barcelona sebelum melepaskan sepakan keras yang tak mampu dibendung ter Stegen.

Pertarungan makin ketat nanun kedua klub tidak dapat menambah golnya hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama dan kedudukan 1-1 bertahan.

Di paruh kedua, kedua kesebelasan masih saling menyerang. Tetapi, tim tamu lebih berbahaya tiap kali memiliki peluang.

Hasilnya, pada menit 70, Kylian Mbappe mencetak gol keduanya di laga ini. Leandro Paredes dengan jeli mengirim umpan panjang kepada Alessandro Florenzi yang melakukan overlap ke sisi kiri pertahanan Barcelona.

Bek asal Italia tersebut kemudian mengirim umpan silang ke kotak penalti yang tak sanggup disapu oleh barisan pertahanan Barcelona. Kylian Mbappe muncul dari lini kedua dan menyambar bola masuk ke gawang ter Stegen.

Tom tamu kembali mencetak gol kali ini melalui Moise Kean lewat skema tendangan bebas yang dieksekusi Leandro Paredes, eks Juventus menanduk bola dan menggetarkan jala gawang Barcelona, kedudukan menjadi 3-1 untuk PSG.

Jelang berakhirnya pertandingan dibwaktu normal yang tersisa lima menit, Penyerang asal Perancis ini memberikan mimpi buruk kepada Barcelona. Melalui serangan balik cepat Julian Draxler memberikan umpan ke Mbappe dan berhasil membuahkan gol.

Skor 4-1 untuk kemenangan PSG bertahan hingga pertandingan rampung.

Dengan kemenangan ini membuat langkah PSG semakin mudah menatao babak 8 besar, Tim asuhan Mauricio Pochettino akan menjamu Barcelona di Parc des Princes pada leg ke-2 nanti.

SUSUNAN PEMAIN

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Ousmane Dembele, Lionel Messi (c), Antoine Griezmann.

PARIS SAINT-GERMAIN (4-2-3-1): Keylor Navas; Alessandro Florenzi, Marquinhos (c), Presnel Kimpembe, Layvin Kurzawa; Leandro Paredes, Idrissa Gueye; Moise Kean, Marco Verratti, Kylian Mbappe; Mauro Icardi.

Penulis : FA | YES