IBC, TALIABU – Gelar Praktek Kerja Industri (Prakerin), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Taliabu, menurunkan 18 siswa-siswi ketujuh Dinas pada lingkup Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Ketujuh Dinas tersebut adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Dinas Perikanan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Atas hal ini, Wakil Kepala SMK Teknologi Taliabu, Alihadin Rahibu mengatakan kegiatan prakerin tersebut dilaksanakan perdana tahun ini.

“Ini merupakan pertama mereka (siswa-siswi) melakukan prakerin kita sebarkan di Dinas lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu,” kata Alihadin pada wartawan, Jum’at (19/2/2021).

Prakerin tersebut proses pelaksanaannya dijalankan secara serentak, baik itu kelas 1 (satu) SMK maupun kelas 2 (dua) SMK. Mengingat bahwa SMK Teknologi Taliabu tersebut baru memiliki siswa-siswi terbatas dikelas 2 (dua).

Untuk jurusannya, SMK Teknologi baru menyediakan 1 (satu) jurusan yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

“Untuk sementara satu jurusan RPL,” ucap Alihadin.

Dari sini, Alihadin menyampaikan harapan pihak SMK agar potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh para siswa bisa menjadi bekal ke depan.

“Semoga yang dimiliki siswa-siswi pada bidang masing-masing ketika di perguruan tinggi nanti, mereka sudah bisa mandiri seperti mengandalkan komputer dan lainnya,” harapnya.

Sekedar diketahui, target kemantapan prakerin ini dilakukan selama 3 bulan, namun karena pandemik COVID-19, dijalankan hanya 1 bulan lamanya.

“Karena pandemik jadi hanya 1 bulan. Kalau untuk tempat tinggal mereka (siswa-siswi) kami tinggalkan dikos-kosan semuanya, dan itu menggunakan anggaran SMK,” jelas Alihadin.

Penulis : HVD | YES