Libatkan Masyarakat

Lebih lanjut Johnny menegaskan tidak bisa dimungkiri, ruang digital merupakan ruang masyarakat yang hampir semua aktifitasnya seperti aktifias di ruang fisik.

“Masyarakat kita telah bertransformasi dari phyical space ke digital space, The umbrella-payung hukum yang dikelola tata kelola kehidupan kemasyarakatan tidak saja di dalam ruang-ruang fisik, tetapi juga di dalam ruang ruang,” tegasnya.

Dirinya memaparkan ruang digital Indonesia saat ini merupakan komponen penting bahkan ruang digital bangsa-bangsa lain di dunia yakni terkait dengan data.

“Karenaitu penting untuk memastikan tata kelola data dapat dilakukan dengan baik, mengingat data bergerak ekstrateritorial, data bergerak lintas batas yurisdiksi suatu negara,” papar Johnny. 

Politisi Partai Nasdem ini menyatakan perintah kuat saat ini, dalam forum internasional, posisi Indonesia saat ini cukup dan tegas dalam pembantuan yang memadai dalam tata kelola pengelolaan data lintas batas negara. 

“Disamping undang-undang ITE, undang-undang terkait lainnya yang bermanfaat untuk menjaga agar ruang kita digital kita kepentingan masyarakat, dan dapat menjamin keadilan bagi pencari atau pemenuhan keadilan bagi masyarakat.” tandas Johnny.

Terakhir Johnny menjelaskan bahwa pemerintah akan bekerja maraton dengan melibatkan komponen masyarakat, para ahliisi dan lingkungan kerja kementerian/lembaga termasuk menerima masukan dari media dalam rangka menghasilkan suatu pelaksanaan baru yang dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan dalam penegakan hukum di Indonesia. 

“Di sisi lain masukan masukan dalam rangka penyempurnaan UU ITE itu sendiri agar bermanfaat bagi masyarakat, dan sejauh mungkin menghindarkan diri lagi dari potensi pasal-pasal karet yang baru,” pungkasnya.

Penulis : DS | YES