IBC, TALIABU – Sebanyak 2 (dua) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu, Fraksi Partai Beringin Karya (Berkarya) versi Muchdi PR, terancam di PAW.

Ini sebagai bentuk sanksi yang dijatuhkan kepada para kader partai yang dinilai tidak patuh terhadap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (ADART) Partai.

Dimana sebelumnya, Partai Berkarya terjadi gejolak hingga menyebabkan dikotomi antara Berkarya versi Hutomo Mandala Putera (HMP) alias Tomi Soeharto dan Muchdi Purwopranjono (Muchdi PR).

Dengan berjalannya waktu, tertanggal 16 Februari 2021, Partai Berkarya versi HMP ini, mendapatkan putusan berkekuatan hukum tetap oleh PTUN Jakarta.

Ketua DPD Berkarya versi HMP Kabupaten Pulau Taliabu, Tawalani Djafarudin menegaskan bahwa ada sanksi bagi kader yang tidak taat aturan partai.

“Berbicara terkait dengan keanggotaan partai itu jelas, setiap anggota yang sudah tidak lagi mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga itu secara tidak langsung dia dikenai sanksi,” kata Tawalani kepada wartawan, Selasa (23/2/2021) kemarin.

Putera Taliabu Utara itu juga menginformasikan, dua anggota DPRD Taliabu fraksi berkarya versi Muchdi PR bukan lagi kader partai.

“Dua anggota DPRD tersebut bukan lagi berstatus anggota Partai Berkarya karena mereka adalah sudah berstatus anggota Partai Beringin Karya,” terang Advokat muda itu.

Lebih lanjut Tawalani menjelaskan berdasarkan putusan PTUN Jakarta tertanggal 16 Februari 2021 kemarin sudah di batalkan.

“Dan diperintahkan untuk dicabut SK Berkarya versi Muchdi PR. Untuk dua anggota DPRD di Taliabu kami masih menunggu hasil rapat koordinasi, dan satu hal yang pasti, anggota DPRD yang sudah tidak tertib sanksinya bisa sampai pada tingkat PAW,” jelasnya.

Dirinya menambahkan ada kemungkinanuntuk rapat pleno denagn satu agenda pembahasan pergantian antar waktu (PAW).

“Saya dapat informasi dari sekretaris DPW bahwa bisa ada kemungkinan untuk naik satu tingkat ke rapat pleno dengan satu agenda tunggal yaitu pembahasan PAW,” tambah Lani sapaan akrab Ketua DPD partai Berkarya Pulau Taliabu itu.

Sekedar informasi, 23 Februari 2021 kemarin, DPW provinsi versi HMP melangsungkan rapat konsolidasi bersama seluruh DPD se-Maluku Utara, bertempat dihotel Ayu Lestari Ternate.

Penulis : HVD | YES