IBC, SUMSEL – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumsel gelar rapat koordinasi rencana pemasangan dan uji coba perangkat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Gedung Atyasa Demang Lebar Daun Palembang, Kamis (25/2/2021).

Kasubditgakkum bidang Lalu Lintas Polda Sumsel AKBP Siswo Haryadi mengatakan rapat koordinasi hari ini (Kamis – red) membahas tentang perencanaan pembangunan ETLE di wilayah Sumatera Selatan khususnya di Kota Palembang.

“Dimana ETLE merupakan perpanjangan penindak lalu lintas yang sebelumnya adalah pelanggaran dilakukan oleh petugas menilang dengan manual dan sekarang dengan semakin canggihnya tehnologi sehingga fasenya naik menjadi E- Tilang,” katanya.

Ia menjelaskan ETLE pada titik tertentu terutama di wilayah Kota Palembang akan dipasang kamera-kamera yang bisa merekam pelanggaran lalu lintas dalam bentuk pelangaran-pelanggaran tertentu yang fokus dengan kendaraan dan bukan dengan pengendara.

“Untuk kerjanya ada mekanisme pelanggaran dimana pelanggar terekam oleh kamera lalu diambil oleh beach office secara langsung ke posko gakkum dan lanjut ke posko ETLEnya kemudian baru diolah data sehingga muncul surat-surat yang akan dikonfirmasi kepada yang melanggar sesuai dengan alamat identitas pemilik kendaraan dan apabila setelah dikonfirmasi tidak datang maka pada saat ingin membayar pajak data identitas pemilik kendaraannya diblokir,” jelas Siswo.

Terakhir Siswo menambahkan bahwa manfaat dengan menggunakan tehnologi ETLE untuk E-tilang yang diberlakukan kepada masyarakat pengguna kendaraan akan mengurusi balik nama kendaraan sesuai dengan identitas pemiliknya masing-masing.

“Harapan kedepan dengan kecanggihan tehnologi ETLE masyarakat akan tertib berlalu lintas dan juga akan mengurangi kontak petugas dengan masyarakat pengguna kendaraan sehingga meminimalisir pelanggaran-pelanggaran kewenangan oleh petugas,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES