IBC, TALIABU – Melawan pandemi Covid-19 adalah sebuah keharusan. Apalagi dampaknya jelas merebak pada aspek sosial maupun ekonomi.

Pulau Taliabu sampai detik ini, tidak henti-hentinya mencari jurus dalam rangka membumihanguskan pandemi Covid-19

Kali ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 Pulau Taliabu mengagendakan sosialisasi dan advokasi vaksinasi covid-19, Sabtu (6/3/2021) sore tadi WIT, di Aula kantor Desa Kilong

Sosialisasi dan advokasi vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan pada 8 kecamatan se-Pulau Taliabu.

Dalam kegiatan tersebut, Prima Yanuar Ovari yang juga sebagai dokter umum di Puskesmas Bobong membawakan materi kesehatan, masyarakat se-Kecamatan Taliabu Barat dicerahkan untuk melawan virus Corona.

Satu strategi yang disampaikan oleh Ova yaitu merutinkan 5 M dalam aktivitas sehari-hari, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Ia menambahkan dengan vaksinasi sinovac, virus dapat dimatikan.

“Vaksin sinovac ini adalah virus yang dimatikan, jadi jangan khawatir aman. Dia (virus) tidak akan bisa berkembang biak,” kata Ova panggilan akrabnya saat menjadi pemateri di kegiatan sosialisasi vaksinasi se-Taliabu Barat.

Vaksin Sinovac ini juga, menurut Ova kian membentuk anti bodi pada tubuh manusia.

“Jadi sudah ada persiapan untuk melawan wabah virus covid-19,” terangnya.

Dilain sisi, Ova menegaskan bahwa rapid test tidak menjamin kesembuhan dari terpaparnya virus Corona.

“Rapid test tidak menjamin kesembuhan dari terpaparnya virus Corona,” tegasnya.

Sekedar diketahui, dengan adanya wabah ini, Pemerintah Daerah mencanangkan beberapa cara preventif untuk covid, satu diantaranya adalah mengalihkan anggaran ke pelaksanaan vaksinasi.

Dari sosialisasi sampai tahap pencanangan vaksinasi, Pemerintah Daerah Pulau Taliabu melalui tim gugus tugas mampu menanggulangi persoalan tersebut.

Sejumlah kebijakan untuk mempertahankan status zona hijau, Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu membuktikan sejumlah kinerja.

Mulai dari sweeping (razia) masker, menyemprotkan disinfektan pada beberapa titik, sosialisasi 5 M, screening dan rapid test – swab.

Penulis : HVD | YES