IBC, JAKARTA – Paris Saint Germain (PSG) berhasil memastikan diri melangkah ke babak delapan besar Liga Champions 2020/21.

Kepastian lolosnya PSG setalah bermain imbang 1-1 melawan Barcelona pada leg kedua babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Kamis (11/3/2021).

Dengan hasil imbang ini PSG unggul agregat 5-2, lantaran pada leg pertama menang dengan skor 4-1 di markas Barcelona.

Barcelona tampil menyerang dari awal babak pertama hingga pertengahan namun belum dapat mengoyak gawang PSG yang dikawal Keylor Navas.

PSG kesulitan membangun serangan karena tekanan tinggi yang diterapkan pemain Barca. Malah, Barca mendapatkan begitu banyak peluang hingga menit ke-20, hanya finishingnya buruk.

Asyik menyerang, Barca justru kebobolan terlebih dahulu di menit ke-30. Lenglet menjatuhkan Icardi di kotak terlarang. Penalti yang diberikan, Mbappe menuntaskannya dengan sangat baik. Gol! PSG 1-0 Barcelona.

Kebobolan tak membuat Barca panik, selang enam menit Messi dapat menyamakan kedudukan melalui tendangan dari luar kotak penalti yang gaga diantisipasi Navas.

Tim besutan Ronald Koeman ini punya kesempatan untuk mencetak gol di menit-menit jelang pertandingan babak pertama berakhir melalui tendangan penalti.

Berawal dari pelanggaran Kurzawa terhadap Griezmann. Sayangnya sepakan Messi bisa mengubah warna Navas. Babak pertama ditutup dengan skor 1-1.

Babak kedua pun di mulai tapi kali ini tampak lebih seimbang. PSG mulai membawa bola lebih lama,

Barca masih lebih dominan membawa bola, tapi kali ini PSG mulai keluar melawan. Messi beberapa kali mendapatkan peluang di kotak penalti, hanya tampil bek-bek PSG masih tangguh.

Menit ke-70, peluang mendapatkan peluang terbaik mereka melalui sundulan Busquets. Bola mengarah ke sudut, tapi Navas masih bisa bertahannya.

Memasuki 10 menit akhir, Barca tampak nyata. Mereka masih menyerang dan menekan PSG, tapi tidak benar-benar menciptakan peluang yang matang.

Blaugrana berhasil membuat 10 tembakan tepat ke arah gawang dari 20 percobaan selama 90 menit lebih pertandingan berlangsung.

Sementara PSG praktis hanya mengandalkan serangan balik dan hanya menciptakan 3 shots on target sepanjang laga.

Barca terus mencoba, tapi tidak ada gol tambahan hingga akhir laga. Wasit pun meniup peluit panjang untuk skor 1-1. Barca tersingkir dari Liga Champions

SUSUNAN PEMAIN

PSG (4-3-3): Keylor Navas; Alessandro Florenzi, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Layvin Kurzawa; Idrissa Gueye, Leandro Paredes, Marco Verratti; Julian Draxler, Mauro Icardi, Kylian Mbappe.

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Oscar Mingueza, Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Antoine Griezmann, Lionel Messi, Ousmane Dembele

Penulis : FA | YES