IBC, SUMSEL -. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Selatan gelar Musyawarah Provinsi (Musprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumsel periode 2021-2025 dengan mengusung tema “Tingkatkan Prestasi Olahraga Catur Sumsel Maju untuk Semua” di Aula KONI Sumsel,. Sabtu (13/3/2021).

Musprov yang dihadiri oleh Sekretaris Umum KONI Sumsel Suparman Romans, Ketua Harian Ahmad Taher, Wakil Sekretaris Rizki Perdana, Kabid Organisasi Wastu Widya, Ketua OC atau Panitia Pelaksana H Aslam Mahrom, Ketua SC Cik Naya dan jajaran.

Musprov juga disaksikan langsung oleh Wakil Bidang Organisasi Pengurus Besar (PB) Percasi Agus Subandrijo, Ketua Bidang Pertandingan dan Perwasitan PB Percasi Fahmi Jauhari dan diikuti 17 pengurus cabang (Pengcab) Kabupaten/Kota Sumsel.

Sekretaris Umum KONI Sumsel Suparman Romans mengatakan pemilihan Ketua Percasi Sumsel digelar telah melalui proses yang tetap mengaju konstitusi organisasi yaitu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Percasi dan AD/ART KONI Sumsel dimana sebelumnya ada pembekuan Pengprov Percasi Sumsel pada rapat kerja KONI Sumsel di Desember 2020.

“Alasan pembekuan karena ada stagnasi konsolidasi yang tidak bisa diselasaikan oleh pengurus Percasi Sumsel dimana setelah diberikan beberapa toleransi ternyata tidak bisa direalisasikan maka KONI Sumsel berkonsultasi dengan PB Percasi di Jakarta sehingga memberikan mandat untuk menyelenggaarakan Musprov Percasi,” ujarnya.

Ia menuturkan KONI Sumsel memikul tanggung jawab secara formal menunjuk panitia penyelenggara Organicing Comite (OC) melakukan komunikasi dengan pengurus-pengurus Percasi yang ada di 17 kabupaten/kota se-Sumsel bahwa akan ada Musprov yang diselenggarakan KONI Sumsel dengan restu Pengurus Besar (PB) Percasi.

“Siapa pun yang terpilih menjadi Ketua Percasi Sumsel beserta pengurusnya mampu bersinergi melakukan berkomunikasi yang lebih baik sehingga tidak ada kebuntuhan informasi serta macetnya koordinasi dengan KONI Sumsel dan yang terpilih kami yakin kader-kader Percasi yang terbaik untuk mengemban amanah,” harapnya.

Sementara Ketua Percasi Sumsel terpilih secara aklamasi Erik Agustian mengatakan akan membentuk organisasi Percasi Sumsel yang efektif dan efisien dimana personil pengurusnya adalah orang-orang yang memiliki visi misi yang sama dengan dirinya

“Dalam waktu dua minggu berdasarkan permintaan PB Percasi dan KONI Sumsel untuk segera menyusun kepengurusan dan segera menggelar pelantikan secepatnya,” ucap Erik.

Terakhir Erik Agustian yang juga menejer PT Bukit Asam menambahkan akan menjalankan visi misi menjadikan Percasi sebuah organisasi olah raga catur kelas dunia dengan program kerja diantaranya konsolidasi dari pusat ke daerah, pembinaan catur usia dini dan pelaksanaan kejurnas dengan target mendali emas pon 2024 Aceh.

“Dan kedepan untuk Pengurus Percasi Sumsel yang saya bentuk mempunyai nilai-nilai yaitu intergritas, profesional, komfotitif, solid, efektif, efisien, akuntble serta mengajak sinergi kepada para senior saya yang mencalonkan kemaren,” tutupnya

Penulis : Zul | YES