IBC, SUMSEL – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Amrah Muslimin angkat bicara terkait sengketa Pilkada serentak 2020 Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI) dari empat kabupaten kota yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang sampai saat ini masih berlanjut perkaranya.

Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin mengatakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang melaksanakan Pilkada Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir adalah KPU Kabupaten PALI dan KPU Sumsel sifatnya hanya monotoring konsultatif.

“Jadi tahapan sengketa Pilkada Kabupaten PALI tinggal menunggu pembacaan putusan di MK pada sidang tahap terakhir dimana jadwal sidangnya belum keluar dari MK dan diperkirakan antara tanggal 12-24 maret 2021 sehingga kita masih menunggu sampai sekarang,” ujarnya saat diwawancara di ruang rapat kerjanya kantor KPU Provinsi Sumsel, Senin (15/3/2021).

Ia juga mengatakan pembacaan putusan terakhir dari MK ini lah yang merupakan kesimpulan episode akhir dari sengketa Pilkada Kabupaten PALI.

“Kalau berkaca dari enam kabupaten lain yang ikut dalam pilkada serentak 2019 sudah selesai bahkan tiga yang berperkara MK menolak tuntutan dari pemohon,” ucap Amrah.

Amrah mengungkapkan bahwa sengketa Pilkada Kabupaten PALI dimana KPUnya yang merupakan satu-satunya diantara 4 (empat) kabupaten yang diajukan ke MK sidangnya masuk pada tahapan pemeriksaan saksi dan pemeriksaan lainnya.

“Dalam kasus ini mungkin Mahkamah Konstitusi ingin menggali lebih dalam lagi soal sengketa Pilkada ini dan pandangan kami KPU Sumsel tetap optimis dimana yang kami kerjakan itu dari tahapan awal dan akhir sesuai dengan mekanisme,” ungkapnya.

Terakhir Amrah mengatakan apapun keputusannya pada tahap sidang akhir MK baik Pemungutan Suara Ulang (PSU) maupun menolak permohanan dari pemohon berharap masyarakat Kabupaten PALI menerimanya.

“Jika putusan MK PSU maka masyarakat harus berpartisipasi untuk melaksanakan pemilihan dan jika putusan MK menolak permohon dari pemohon maka KPU PALI menetapkan calon terpilih dan selanjutnya akan melaksanakan pelantikan,” tutupnya.

Penulis : Zul|YES