IBC, SUMSEL – Terkait wacana pencalonan Walikota Palembang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 H Saifudin Aswari Rivai anggota DPRD Sumsel dari Partai Gerindra angkat bicara.

Anggota DPRD Sumsel Komisi I H Saifudin Aswari Rivai mengatakan setelah jabatan Bupati Lahat periode 2014-2018 habis dirinya berwacana untuk maju ke pencalonan gubernur, DPR RI dan finish akhinya menjadi anggota DPRD Sumsel di Pemilu 2019-2024.

“Ternyata memang tidak bisa lari dari politik dan kemaren ada statement kawan yang meminta untuk pencalonan Walikota Palembang tetapi kita serahkan kepada masyarakat dan saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan bayangan tentang maju ke walikota Palembang Selanjutnya,” ujarnya saat diwawancara wartawan IBC di ruang rapat kerjanya komisi I DPRD Sumsel, Senin (15/3/2021).

Dia menggungkapkan bahwa sebelum jadi Bupati Lahat hampir tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi bupati makanya dipolitik tidak bisa berbicara ya atau tidak tetapi tiba-tiba dijalani kalau memang ada kenapa tidak dan tidak terbayangkan ternyata saya terpilih jadi Bupati.

“Oleh karena itu orang pintar di Provinsi Sumsel ini banyak dan yang ingin jadi Walikota Palembang begitupun banyak, tetapi pemimpin yang mengerti untuk kalangan bawah itu minim, oleh karena itu pemimpin yang membumi sangat diperlukan oleh masyarakat sekarang artinya keseharianya tidak ada jarak dengan masyarakat,” ungkap Saifudin.

Selanjutnya mantan Bupati Kabupaten Lahat dua periode yang dikenal dengan sapaan Aswari juga mengatakan bahwa Kota Palembang ini sudah jadi dan tidak sulit pemimpin Lota Palembang dibandingkan menjadi Bupati di Kabupaten Lahat.

“Dimana pertama kali saya menjabat Bupati Lahat APBD cuma 700 miliyar digunakan untuk membangun 367 desa, 1800 km jalan kabupaten serta listrik belum ada tetapi alhamdilillah sampai berkembangnya pembangunan Kabupaten Lahat pada saat terakhir saya menjabat Bupati Lahat dengan APBD 1,9 tirliyun,” ujar Aswari.

Kemudian, Aswari menyampaikan untuk Kota Palembang dimana merupakan ibukota provinsi yang menjadi pusat perhatian dari wilayah provinsi seluruh Indonesia oleh karena itu Kota Palembang ini harus lebih indah, lebih cantik dan menjadi primadona dari kabupaten lain serta jangan sampai sejajar dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Sumsel

“Oleh karena itu untuk mempercantik Kota Pelembang harus sudah menggunakan tehnologi seperti mengembangkan tehnologi untuk membersihkan sungai dimana kita lihat di Kota Palembang ini banyaknya kanal atau anak sungai yang keberadaannya ditengah kota, selain untuk mencegah banjir bisa dimanfaakan untuk menjadi pusat wisata Kota Palembang,” imbuhnya.

Terakhir Aswari menuturkan bahwa siapa pun calon Walikota Palembang ini adalah yang terbaik, oleh karena itu untuk masyarakat Kota Palembang carilah putra putri yang terbaik untuk menghasilkan Palembang yang baik.

“Saya tidak mau menjadi benturan bagi yang lain, lebih baik saya mengalah dan saya pernah untuk pencalonan gubernur kemaren kerena menjadi benturan banyak bagi yang lain sehingga saya harus mengalah,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES