IBC, TALIABU – Pengerjaan proyek pembangunan Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Samuya Taliabu Timur, terkesan tidak terselesaikan. Jum’at (19/3/2021).

Dimana, anggaran proyek tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020 sebesar Rp157.841.000.

Pantauan dilokasi, bangunan yang menjadi kebutuhan kelompok keagaaman itu, nihil untuk dilanjutkan penyelesaiannya.

Anehnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Samuya malah menyalahkan pihak kedua dalam hal ini adalah tukang, yang dituding malas bekerja.

Itu sebagaimana diungkapkan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Desa Samuya, yang juga merangkap sebagai Kepala Kecamatan Taliabu Timur, Yulianus Lorwens.

“Saat ini kami tidak melanjutkan pekerjaan ini (bangunan TPQ) karena tukangnya orang kampu sini (Samuya) yang malas bekerja,” ucap Lorwens kepada wartawan.

Lorwens mengemukakan, ada kemungkinan, pihak tukang lebih memilih untuk melanjutkan pekerjaan yang lain ketimbang pembangunan TPQ.

“Kemungkinan karena harga kopra naik, sehingga mereka berbondong-bondong kerja kelapa dan meninggalkan pekerjaan pembangunan TPQ ini,” kata Pejabat dua jabatan pimpinan itu.

Dirinya menegaskan, secepatnya untuk menginstruksikan para pekerja untuk selesaikan pembangunan TPQ tersebut.

“Saya akan tegaskan kepada mereka, kalau tidak kerja saya akan ganti orang kerja agar mereka bekerja lagi,” ujar Lorwens.

Untuk itu, Lorwens meyakinkan untuk menyelesaikan pembangunan TPQ tersebut.

“Sampai saat ini untuk pelaporan tahun 2020 kami belum masukkan ke DPMD, olehnya itu kami akan usahakan sebelum pencairan tahap 1 tahun 2021, pekerjaan Bangunan TPQ ini telah selesai kami kerjakan,” imbuhnya.

Selanjutnya, laporan penyelesaian Dana Desa 2020 diwajibkan untuk dimasukan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pulau Taliabu, sebagai prasyarat pencarian anggaran tahap pertama di tahun 2021 ini.

Karena, dari situ pihak DPMD dapat mengetahui sejauh mana pengelolaan Dana Desa yang tersalurkan.

Serta akan mengancam pencairan di tahun 2021, bagi Desa yang belum menyelesaikan laporan pengelolaan tahun Dana Desa 2020.

Penulis: HVD | YES