IBC, SUMSEl – Sekretaris Daerah (sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) hadiri rapat rencana penunjukan Palembang Golf Club (PGC) yang diketuai oleh H Syahrial Oesman sebagai pengelola sementara lapangan golf kenten oleh PT Patra Jasa (anak perusahaan PT Pertamina) di ruang rapat PGC kenten Jalan AKBP Cek Agus Palembang, Selasa (23/3/2021)

Sekda Provinsi Sumsel H Nasrun Umar mengatakan agenda rapat hari ini dilatar nelakangi surat penunjukan dari PT Patra Jasa kepada PGC untuk mengelola sementara Lapangan Golf dan area sekitarnya.

“Padahal 8 Maret 2019, terkait pengelolaan Lapangan Golf ini Gubernur Sumsel sudah mengeluarkan surat yang isinya menunjuk PGC, menunjuk PGC selaku pengelola lapangan golf Palembang,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa terhadap dua hal jika dikaitkan dalam konteks kepemilikan lapangan golf yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi Sumsel (Pemprov) dimana Pemkot Palembang permasalahannya sudah selesai karena ikrah dikasasi bahwa Pertamina yang dimenangkan kepemilikan lahan lapangan golf ini.

“Sementara disatu pihak ada sejumlah luasan lahan yang disini yang kepemilikannya itu masih dispute antara Pemprov dan Pertamina, dimana belum ada keputusan oleh karena itu dalam status quo ini semua pihak harus menahan diri dan menjaga kesinambungan daripada keberadaan lapangan golf ini maka ditunjuklah PGC sebagai pengelola,” jelas Nasrun.

Nasrun juga menyatakan untuk memberi kenyaman PGC akan dicarikan jalan keluar maka rapat ini menentukan skema terbaik sehingga menjadi win win diantara semuanya.

“Setelah rapat tadi disimpulkan bahwa kami mengacuh PKS pada pasal 3 ayat 1 bahwa terkait pengelolaan Pemprov menunjuk BUMD dan Pertamina menunjuk apiliasi dan turunan inilah yang nanti sama-sama menunjuk pihak dalam hal ini PGC,” ujarnya.

Terakhir Nasrun menambahkan bahwa maka untuk tindak lanjutnya akan ada rapat dengan pihak dari PT Patra Jasa anak perusahan Pertamina yang akan nanti kita laporkan kemudian.

“Karena ini masih situasi status quo Pertamina merasa milik dia dan Pemprov tentu punya data milik aset pemprov oleh karena dicarikan sambil berjalan untuk jalan yang terbaik sehingga menyamankan kedua belah pihak,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES