IBC, SANANA – Kabag Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sula Aswin Soamole menjelaskan akan segera menyampaikan teguran keras kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di tingkat desa yang terbukti memihak ke salah satu pasangan calon calon kepala desa (Paslon Cakades) di 78 Desa yang akan dilaksanakan April mendatang.

Menurutnya, tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh panitia Pilkades untuk memenangkan salah satu Paslon  merupakan keselahan fatal yang dapat membuat konflik di tengah masyarakat pada saat tahapan pelaksanaan sampai pungut hitung suara.

“Kami akan melakukan teguran keras apabila panitia di tingkat desa memihak di salah satu Paslon Cakades, karena akan menimbulkan konflik di tengah masyarakat,” jelas Kabag pemerintahan Aswin Soamole saat disambangi Pengurus FP2A di ruang kerjanya, Kamis,(25/3/2021).

Selain itu, Aswin menyampaikan saat ini tahapan verifikasi berlangsung kami tetap akan melakukan pemeriksaan berkas bersandarkan pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 4 Tahun 2020.

“Kami akan tetap bersandar pada Perbup dan akan melakukan tindakan pada Cakades yang berkasnya tidak lengkap dan Cakdes yang mengunakan keterangan ijazah itu juga menjadi pertimbangan kami untuk kami bahas dan bisa dibilang dia akan digugurkan saat verbfikasi ataupun tahapan screning nanti,” katanya.

Selanjutnya Aswin menjelaskan untuk Pj.Kepala Desa itu SK nya akan dikeluarkan oleh Pemda Kepulauan Sula setelah penetapan Cakdes.

“SK Pejabat kepala desa Pemda Sula yang akan keluarkan olehnya itu Pemerintah Desa jangan membuat aturan sendiri sebelum Ada Penetapan Cakades Pemdes Harus paham Aturan,” ujarnya.

Penulis : Sarif | YES