IBC, SANANA – Pengacara muda Kabupaten Kepulauan Sula Armin Suamole menyerukan Panitia Pilkades Kabupaten Kepulauan Sula harus bersandar pada aturan khusus Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 4 Tahun 2020 saat memverifikasi berkas calon kepala desa (Cakades) sebelum disampaikan hasilya ke masyarakat.

“Bagi teman-Panitia Pilkades, harus kerja sesuai dengan perintah Peraturan Bupati maupun Peraturan perundang-undangan yang berlaku, agar pemilihan di 78 Desa yang ada di Kepulauan Sula berjalan sesaui dengan harapan rakyat yang ada di masing-masing desa,” cetus Armin kepada IBC melalui aplikasi Whats’App, Kamis (25/03/2021)

Selain itu, Armin menyampaikan Perbup yang mengatur terkait dengan Persyaratan Bakal Calon Kepala Desa itu sangat jelas, seperti termut pada Pasal 24 Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2020.

“Saya berharap agar pasal-pasal yang ada jangan teman-teman panitia menafsirkan sampai keluar dari esensi pasal tersebut, karena ketika teman-teman menafsirkan terlalu jauh maka bisa berakibat pada proses Pilkades yang akan cacat nilai hukumnya,” ujar mantan Ketua HPMS Sula.

Selanjutnya Armin menjelaskan Panitia Pilkades Kabupaten sampaikan hasil verifikasi berkas Cakades harus sesuai dengan Perbup.

“Panitia tetap berpedoman dengan Peraturan Bupati yang berlaku, agar demokrasi Pilkades di Kepulauan Sula berjalan lancar seperti yang diharapkan oleh seluruh masyarakat kepsula,” tutupnya.

Sementara itu secara terpisah, Kabag Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sula Aswin saat disambangi Pengurua FP2A menjelaskan akan menyampaikan hasil verifikasi berkas dengan sandaran Perbup.

“Kami akan selektif mungkin dalam menyampaikan hasil verifikasi berkas Cakades sehingga ada yang tidak lengkap maka kami gugurkan kemudian ketika yang memakai ketragan pada persyaratan maka akan jadi pertimbangan kami dan kami akan gugurkan pada saat verivikasi atau skrening nanti,” tukas Aswin.

Untuk diketahui pelaksanaan Pilkades serentak 78 Desa di Kabupaten Kepulauan Sula akan tetap dilaksanakan pada April mendatang namun ada pergeseran skedul yang masi disiapkan panitia kabupaten Kepulauan Sula.

Penulis : Sarif | YES