IBC, TALIABU – Pantai Selatan Pulau Taliabu tepatnya di Desa Pecado-Maluli, Maluku Utara sontak membubuhkan keunikannya.

Keunikan itu berasal dari aktivitas buruh di desa setempat yang berhasil mengalihkan fasilitas dalam dunia nelayan ke per-ojekan.

Sejauh sisipan pandangan, kelompok buruh di desa tersebut memberlakukan perahu sebagai ojek atau kendaraan untuk bongkar muat barang di kapal, sebagai imbas dari tiadanya terminal pelabuhan.

Selain aktivitas bongkar muat yang dilakukan, para buruh juga menjadikan perahu sebagai ojek laut untuk memuat para penumpang di kapal yang hendak berlabuh.

Bincang-bincang terkait motorik perahu itu, Mardin selaku warga Desa Pencado mengaku, ojek laut tersebut sudah berlangsung sedari dulu.

“Perahu yang dijadikan ojek laut itu sudah biasa digunakan, sejak kapal mulai rute dibagian Taliabu Selatan ini,” kata Mardin kepada wartawan, Jum’at (26/3/2021).

Meski ini dinilai sebagai nasib ketertinggalan, namun tidak menjadi suatu nestapa.

“Bagi kami, itu menjadi kebiasaan, sebab mayoritas desa disini juga nelayan. Toh ini sebagai bagian dari pendapatan,” tutur Mardin.

Penulis: HVD | YES