IBC, PEKANBARU – Koalisi Eyes On The Forest (EoF) luncurkan platform Forum Gambut dan Mangrove (FGM) untuk mendukung percepatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove di Indonesia tahun 2021 – 2024.

“Forum ini mendorong masyarakat sebagai garda terdepan dalam restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove untuk implementasi kebijakan perubahan iklim Indonesia,” kata Riko Kurniawan, Inisiator platform Forum Gambut dan Mangrove dalam realisnya yang diterima Biro IBC, Sabtu (27/3/2021).

Untuk melakukan percepatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove, forum ini mendorong Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) membuka partisipasi publik seluas-luasnya, sebab temuan EoF kelemahan terbesar BRG periode 2016 – 2020 berada di tingkat tapak. Selain itu Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) tidak optimal dan responsive mengimplementasikan peran koordinasi dan fasilitasi restorasi gambut.

Platform ini mendukung target restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove yang dijalankan oleh BRGM, KLHK dan kementerian lainnya dengan tiga usulan di bawah.

  1. Membuka ruang pertisipasi publik dalam keikutsertaan pencapaian target restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove berdasarkan Perpres 120 Tahun 2020 tentang Badan Restorasi Gambut dan Mangrove;
  1. Meningkatkan pelibatan dan peran serta masyarakat dalam perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove di Indonesia;
  1. Mensinergikan kepentingan pemerintah, masyarakat sipil dan komunitas dalam pencapaian restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove di Indonesia.

“Agenda retorasi gambut dan rehabilitasi mangrove merupakan jalan keluar bangsa ini untuk mengatasi perubahan iklim, bencana ekologis dan kesejahteraan masyarakat,” kata Riko Kurniawan.

Penulis : Faisal | YES