IBC, SANANA – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula Bersepakat Melakukan Pemilihan 78 Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2021 Secara Serentak yang akan di helat sepekan kedepan.

Demi suksesnya penyelenggaraan Pilkades secara serentak 78 desa di Kabupaten Kepulauan Sula, Pemda diminta untuk menjalankan hajatan ini dengan asas demokrasi, sesuai dengan keinginan masyarakat.

Pemuda Desa Kou M.Rismit Teapaon meminta kepada panitia Pilkades di tingkat Kabupaten untuk bekerja secara transparan, obyektif dan profesional sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku khusnya menyelksi tahapan berkas Cakades Desa Kou, Kecamatan Mangole Timur.

Alhamdullah di Desa Kou yang ikut daftar dan bertarung dalam Pesta Demokrasi atau Pilkades tahun ini. Sebanyak 5 (lima) orang Cakades, kelima figur tersebut masing-masing memiliki SDM dan mereka merupakan representasi dari masyarakat Desa Kou. Untuk itu tahapan seleksi berkas hingga tes tulis dan wawancara oleh Pantia Kabupaten. Saya meminta agar dilakukan secara profesional sesuai dengan aturan,” ungkap Pemuda Desa Kou ini kepada wartawan, Sabtu (28/3/2021).

Rismit Juga  menjelaskan proses Pilkades di Desa Kou berdasarkan pengalaman 5 tahun lalu. Kata proses demokrasinya sangat cacat. Sebab, lanjut Dia, dari hasil seleksi oleh panitia Kabupeten tahun lalu, tidak sesuai dengan harapan masyrakat Desa Kou.

Bahkan kata Jurnalis Sula ini, pada hari pemilihan masyarakat yang ikut memberikan hak pilih hanya 200 orang. Padahal di Desa jumlah jiwa pilih sekitar 700 lebih.

“Pengalaman kita di Desa Kou tahun-tahun lalu sangat mencederai proses Demokrasi kita di tingkat Desa partisipasi pemilih tidak sesuai, belum lagi ada saudara-saudara dan orang-orang tua kita ada yang nyaris adu jotos,” ungkapnya.

Selanjutnya Rismit berharap kepada lima Cakades yang ikut bertarung  Pilkades Tahun 2021 ini, jika terpilih nanti selalu mengedepankan amanah dari rakyat dan tranparansi untuk mengolah Dana Desa.

“Harapannya semoga lima Cakades Kou. Jika terpilih nanti harus memegang amanah serta Transparansi dalam mengelolah Dana Desa. Kemudian yang diamanahkan oleh rakyat harus bertanggung jawab. Bukan berarti jadi Kades kemudian yang diamanahkan oleh rakyat itu dikebiri,” imbuhnya.

Untuk diketahui 5 (lima) Cakades Kou yang ikut mendaftar sebagai Calon yaitu Nadir Teapon, Latifa Gailea, Imin Buamona, Jufri Duwila dan Amrul Duwila.

Penulis : DS | YES