IBC, TALIABU – Kepala Bidang (Kabid) Konflik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pulau Taliabu, Darmawan Salawane, akhirnya menyikapi problem transisi secara personal.

“Saya datangi tuan rumah agar membuka pintu kantor, dan diri saya yang menjadi jaminannya. Agar jangan lagi ada bahasa di luar sana bahwa kantor selama ini masih dipalang,” tegas Mawan sapaan akrabnya, kepada sejumlah wartawan di kantor Kesbangpol Taliabu, Senin (29/3/2021).

Bahwa hampir dua minggu lebih, kantor Kesbangpol Taliabu tersebut dipalang pemilik rumah, akibat tidak melunasi tunggakan utang sebesar Rp20 juta pada tahun 2020 kemarin.

Mawan berjanji, dalam waktu dekat ini, utang tersebut akan dilunasi.

“Dalam waktu tiga atau empat hari kedepan itu sudah terbayar, mengingat bendahara suda lakukan proses pencairan,” ujarnya.

Dari penegasan tersebut, tentunya meresahkan sejumlah ASN dan para staf yang berkantor di badan Kesbangpol Taliabu tersebut.

Apalagi, ditambah dengan hampir beberapa bulan belakangan ini, Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Taliabu, Sunadi Buamona, dikabarkan masih berada diluar daerah.

Yamin Umasangaji, selaku pemilik rumah yang nekat memalang kantor Kesbangpol Taliabu tersebut minggu lalu, secara dingin akhirnya merespon niat baik dari Kabid Konflik yakni Darmawan.

“Pak Mawan minta agar saya membuka pintu, dengan alasan dirinya yang menjadi jaminan dan mengawal hingga pembayaran,” kata Yamin.

Diinformasikan, tunggakan utang dengan nilai Rp20 Juta pada 2020 kemarin, kini bertambah dengan 3 bulan berjalan pada tahun 2021 ini, sehingga totalnya sebesar Rp30 Juta.

Penulis : HVD | YES