IBC, SANANA – Direktur Lembaga Kajian dan Konsultasi Kesehatan secara umum Menurut Ns. Sarifudin meminta masyarakat menjaga kesehatan saat pandemi Covid-19.

Menurutnya, situasi pandemi yang masih meningkat jumlah kasusnya menuntut kita untuk tetap hidup bersih dan sehat. PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sejatinya adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat PHBS dapat diterapkan diberbagai lingkungan seperti lingkungan rumah tangga, sekolah, tempat kerja, maupun masyarakat umum.

“PHBS mencakup beberapa indikator diantaranya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan air bersih, mengonsumsi makanan sehat dan bersih termasuk sayur dan buah-buahan, menjaga kebersihan diri dengan cara mandi, dan berolahraga secara rutin,” jelas Sarifudin saat dihubungi IBC melalui Watsh’App, Selasa (30/3/2020)

Selain itu, Sarifudin menjelaskan dalam situasi pandemi Covid-19, yang disebut sebagai protokol kesehatan adalah indikator dalam PHBS, seperti memakai masker, menjaga jarak fisik minimal 1 meter, serta melakukan disinfeksi secara berkala.

“PHBS penting untuk dijalani secara rutin karena dapat memberikan beberapa manfaat dalam mencegah penyakit infeksi dan juga mendukung produktivitas. Selain mencegah penyakit infeksi seperti Covid 19, badan yang sehat akan mendukung kelancaran bekerja dan kegiatan lainnya,” jelasnya.

Terlepas dari itu, Sarifudin menyampaikan kitapun akan menjadi lebih nyaman dan bersemangat dalam beraktivitas.

“Penerapan PHBS mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan anda, keluarga, dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, terapkan perilaku bersih dan sehat mulai dari diri sendiri,” ujarnya.

Selain PHBS, dirinya mengatakan peran pemerintah untuk penanganan kasus covid 19 adalah tetap perlu melakukan upaya 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment).

“Selain PHBS, peran pemerintah untuk penanganan kasus covid 19 adalah tetap perlu melakukan upaya 3T,” pungkasnya.

Penulis : Sarif | YES