IBC, PELALAWAN – Oknum Kades inisial MI dan rekanya Es yang dilaporkan oleh kuasa hukum Fatiziduhu pada 16 Februari lalu di Mapolres Pelalawan mengatakan pihaknya sedang berupaya menyelesaikan persoalan yang dihadapinya.

MI menjelaskan dirinya dalam hal ini berusaha menjembatani antara rekannya Es dengan Fatiziduhu agar persoalan yang sedang berjalan proses hukumnya untuk diselesaikan secepatnya.

Insyaallah paling lama dua minggu lagi kita selesaikan ini, Es sendiri sudah saya hubungi juga dan minta waktu paling lama dua Minggu ini,” kata MI kepada biro IBC dalam teleponnya Selasa sore (30/3/2021).

Kuasa hukum Fatiziduhu, Akbar Ramadhan dan Rekan berikan kesempatan kepada pihak terlapor (MI) atas dugaan penipuan jual-beli lahan pada tahun 2017 silam untuk menyelesaikan segala kewajibannya atas kerugian yang dialami kliennya selama satu pekan kedepan.

Ramadhan menegaskan pihaknya tidak akan memberikan kesempatan yang sama jika selama sepakan mendatang pihak terlapor belum menyelesaikan segala bentuk kewajibannya kepada kliennya.

“Menungu itikad baik mereka (MI) selama 7 hari sepekan kami memberikan ketegasan jangan main-main terhadap hukum, kalau dalam waktu tempo 7 hari tidak ada itikad baik dan kepastian, maka proses hukum terus berjalan sampai menjadi tersangka orang-orang yang ada diperkara ini,” kata Akbar Ramadhan menegaskan.

Advokat jebolan Undip itupun mengatakan bahwa MI secara terang benderang turut serta dalam perbuatan yang dilakukan oknum kepala dusun (Kadus) inisial Es dalam jual-beli lahan seluas 30 Hektar.

“Turut melakukan” dalam arti kata “bersama-sama melakukan”. Sedikit-dikitnya harus ada dua orang, ialah orang yang melakukan (pleger) dan orang yang turut melakukan (medepleger) peristiwa pidana sangatlah erat dan ada kaitanya dengan okum-oknum desa,” jelas Akbar ketika dikonfirmasi Biro IBC Pelalawan melalui telepon pada Selasa malam (31/3/2021).

Menurutnya terlapor bisa dijerat dengan KUHP Pasal 378 jo Pasal 55 Ayat 1 dengan ancaman kurungan penjara selama 4 tahun.

Penulis :Faisal | YES