IBC, TALIABU – Dalam penyerahan dokumen Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Pulau Taliabu tahun anggaran 2020, telah diterima oleh DPRD.

Pasalnya, terdapat beberapa poin-poin penting yang telah disebutkan langsung oleh Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, pada capaian kinerja tahun 2020 lalu.

Satu diantaranya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, yang dipaparkan sedikit mengalami penurunan.

Hal tersebut dilihat dari kinerja makro pembangunan di Kabupaten Pulau Taliabu, pada tahun 2020. Dimana, angka IPM pada tahun 2019 dengan nilai 60,62 mengalami dekadensi jika dibandingkan dengan tahun 2020 hanya pada kisaran angka 60,48.

Ini digambarkan dari aspek pokok pembangunan manusia, berupa umur panjang, hidup sehat, pendidikan serta standar layak hidup.

Faktor turunnya angka IPM di Taliabu pada 2020 lalu, disebabkan oleh menurunnya indikator pengeluaran perkapita tahun 2019 sebesar 6,659 juta rupiah per’orang pertahun.

“Menjadi tahun 2020, sebesar 6,390 juta rupiah per’orang pertahun,” ucap Bupati Aliong Mus, diruang Aula DPRD Pulau Taliabu, Kamis (1/3/2021) malam.

Dilansir dari laman resmi Badan Pusat Statistik, IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, dan pendidikan.

IPM juga dipakai untuk mengklasifikasikan apakah sebuah daerah diklaim sebagai daerah maju, berkembang atau terbelakang.

Penulis : HVD | YES