IBC, TALIABU – Menjelang Ujian Sekolah (US), Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Tubang, Saleh Usman, dikabarkan berada di Bobong, pusat Kabupaten Taliabu, Maluku Utara.

Padahal, US tersebut akan berlangsung pada Senin depan, dimana proses US perlu diakomodasi oleh Saleh selaku Kepsek.

Hal itu tentunya membuat sebagian warga Desa Tubang yang menitip anaknya dibangku SMP Negeri tersebut, menjadi khawatir.

“Tidak tahu bagaimana lagi, karena sudah berapa bulan ini kepala sekolah tidak berada disini, katanya dia masih di Bobong (Ibukota Kabupaten) padahal, Ujian sudah mau dilaksanakan,” ucap warga Desa Tubang yang menolak namanya untuk dipublish saat dihubungi IBC melalui telepon selular, Kamis (1/4/2021).

Ia mengamati, sejauh ini juga, beberapa tenaga pengajar terkesan sering alpa.

“Pernah ada guru, tapi mereka kesini hanya tunjuk muka baru pulang, sampai saat ini juga belum datang-datang, jadi yang saat ini mengajar kalau tidak salah hanya 4 orang guru,” ucapnya.

Secara terpisah, Kepsek SMP Negeri Tubang, Saleh Usman, saat dihubungi melalui telepon seluler mengakui hal tersebut.

Kata Saleh, keberangkatannya meninggalkan SMP menuju Bobong (Pusat Kabupaten Taliabu), dalam rangka pengurusan tekait pelaksanaan ujian yang akan diselenggarakan pekan depan.

“Senin depan baru ujian, sementara masih dalam pengurusan, selama inikan belum ada informasi dari Dinas masalah ujian ini karena COVID-19. Kebetulan sudah ada, jadi besok (Jum’at) balik sudah buat persiapan,” ungkap Saleh, Kamis (1/4/2021).

Penulis : HVD | YES