IBC, TALIABU – Kapal Motor (KM) Anugerah yang memiliki rute Taliabu – Luwuk (Sulawesi Tengah), mengalami kecelakaan laut akibat cuaca memburuk.

Kapal yang menumpangi sebanyak 21 orang tersebut, dihantam ombak hingga tenggelam. Kejadian itu diperkirakan sekira pukul 03:00 Wita, diperairan laut antara Pulau Timpaus dan Pulau Sonit, Banggai Laut (Balut) Sulawesi Tengah, Minggu (4/4/2021) dini hari.

Sementara itu, insiden tersebut membuat para penumpang harus menunggu pertolongan selama 5 jam dalam keadaan terapung diatas kapal yang telah dimasuki air laut.

“Jumlah penumpang 11 tambah anak kecil 1 orang jadi 12 (penumpang). Kalau jam 3 itu (kapal) masih dikendalikan, nanti lampu (kapal) dia mati itu sekitar jam 4 (mulai darurat). Dan pertolongan tadi tiba tadi sekitar jam 7,” kata Kapten (Kep) Kapal Anugerah, Mudin Amrullah, saat dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan di kantor BPBD Palau Taliabu.

Mudin mengungkapkan, peristiwa tenggelamnya kapal Anugerah tersebut, akibat cuaca yang tidak bersahabat.

“Iya karena cuaca (angin utara), waktu itu ombak dia masukan (kapal) ke dalam sudah tidak ada selak (cara) lagi, disitu biar pompa ini jalan jalan sudah tidak mampu. Tapi tidak langsung tenggelam juga kapal masih terapung,” ungkapnya.

Penulis : HVD | YES