IBC, TALIABU – Sebanyak 51 orang yang terhimpun pada Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Provinsi Maluku Utara (Malut) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Pulau Taliabu.

Agenda tersebut bertujuan untuk melihat langsung terkait penanganan Covid-19 dan pencanangan vaksin kepada lansia di Pulau Taliabu, bertempat di RSUD dan Puskesmas Bobong Pulau Taliabu.

Selain itu, Tim satgas Covid-19 Malut juga menyempatkan waktu untuk menyambangi para pedagang yang berada di Pasar Bobong dalam rangka pembagian masker.

Mewakili Ketua 1 Satgas Covid-19 Provinsi Maluku Utara, Kolonel Infanteri, Wawan Subarjo, memberi apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu, dalam hal ini taat pada protokol kesehatan.

“Ini boleh dibilang sangat baik, jujur saja sangat beda jauh kami (Provinsi) dengan yang ada disini (Taliabu),” ungkap Wawan, pada press conference, di ruang Aula Kantor Bupati Pulau Taliabu, Senin (5/4/2021).

Tim Satgas Malut Tinjau Vaksinasi di RSUD Bobong Pulau Taliabu, Senin (5/4/2021). Foto : HVD/IBC

Penilaian itu, Wawan menjelaskan berdasarkan pantauannya di lapangan.

“Saya melihat 3 anak kecil tadi (saat pembagian masker), dia sudah menggunakan masker. Itu kita bilang berarti kesadaran masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu ini, mulai dari anak kecil sampai dengan orang dewasa semuanya sama-sama menjunjung tinggi terkait dengan protokol kesehatan, yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu,” jelasnya.

Ia mengamati, penggunaan masker oleh masyarakat di Pulau Taliabu ini merupakan bentuk kewajiban.

“Saya lihat dari wajah mereka (masyarakat), seolah memakai masker dan lain sebagainya, menggunakan masker bukanlah suatu tekanan akan tetapi sebagai kewajiban,” tutur Wawan.

Penulis : HVD | YES