IBC, TALIABU – Geram dengan kondisi keuangan daerah, anggota Fraksi Pembaharuan DPRD Pulau Taliabu, Pardin Isa, meminta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapat Aset Daerah (BPKPAD) Pulau Taliabu, Irwan Mansur agar dicopot dari jabatan.

Menurut Pardin, hal tersebut perlu dipercepat untuk melakukan reformasi birokrasi, takutnya menjadi penyakit pada Dinas lainnya.

“Jelasnya, Fraksi kita itu sudah bulat (sepakat) untuk memutuskan merekomendasikan kepada kepala daerah (Bupati) untuk diganti lebih awal, termasuk Irwan Mansur (Kepala Keuangan) harus diganti lebih awal,” tegas Pardin kepada sejumlah wartawan dikantor DPRD Pulau Taliabu, Rabu (7/4/2021).

Alasannya, menurut Pardin, di Taliabu saat ini terkendala soal keuangan daerah, itu berkaitan dengan pihak yang berwenang untuk menandatangani dokumen pencairan anggaran dari pemerintah daerah (Pemda), yakni Irwan Mansur selaku Bendahara Umum Daerah.

Dimana, banyak pihak yang sejauh ini dilemahkan soal pencairan anggaran, termasuk sejumlah Dinas dan para kontraktor.

“Nah kita mau undang Irwan Mansur untuk klarifikasi banyak orang masukan permintaan pencairan tapi tidak cair, termasuk kantor PU-PR kemarin juga dipalang (akibat tak adanya pencairan), ada juga yang pernah ribut di keuangan,” ujarnya.

Atas itulah, maka saat digelarnya rapat kerja komisi bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pulau Taliabu, Rabu (7/4) pagi tadi, 3 delegasi staf keuangan Pulau diberhentikan untuk mengikuti jalannya rapat tersebut.

Penulis : HVD | YES