IBC, TALIABU – Minggu ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulau Taliabu, bakal menggelar sweeping (razia) perizinan operasi kapal laut di wilayah Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Metode sweeping ini, akan dilakukannya kerja sama antara Dishub dan seluruh Pemerintah Desa se-Pulau Taliabu.

Sebab diinformasikan, terdapat banyak kapal laut yang beroperasi di wilayah perdesaan belum terdata dari pihak Dishub Taliabu, tentunya soal armada laut akan dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pulau Taliabu, Abdul Kadir Nur Ali, menyampaikan, dalam waktu dekat minggu ini, akan melakukan sweeping operasi kapal laut di Pulau Taliabu.

“Data kapal motor yang ada di setiap Desa masing-masing itu supaya segera melapor siapa pemiliknya ke dinas perhubungan, supaya kita panggil untuk bekerjasama dengan syahbandar. Dan kita akan lakukan sweeping lagu ke kapal-kapal itu tentang surat-suratnya dan izinnya,” ucap Abdul Kadir kepada sejumlah awak media, Kamis (8/4/2021).

Hal itu dimungkinkan agar dapat didata sebarapa banyak transportasi laut di Taliabu yang memiliki izin pelayaran. Tak hanya itu, legalitas perizinan juga merupakan kewajiban yang perlu diketahui oleh Dishub Taliabu.

Alasan dilakukannya sweeping kapal ini juga, tidak terlepas dari banyaknya insiden kecelakaan laut yang tidak terkoneksi dari pihak Dishub Taliabu.

“Karena sekarang ini, sudah sering terjadi kecelakaan laut, karena mereka (pihak kapal) lepas kontrol dari kita (Dishub) dari pelabuhan (Taliabu) langsung muat barang menuju ke Kota Luwuk dan Banggai. Sementara kita tahu standar keselamatan di kapal tersebut,” ujarnya.

Penulis : HVD | YES