IBC, SULA – Demi meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kepulauan Sula, dari aspek perhubungan bakal diaktualisasikan.

Satu cara (jurus) yang disodorkan adalah, memaksimalkan sejumlah fasilitas di Ibukota Kabupaten Kepulauan Sula yang belum difungsikan.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepulauan Sula, Ibrahim Tidore, kepada media ini, Sabtu (10/4/2021) siang tadi.

Ibram menyebutkan, satu diantara yang akan dimanfaatkan yakni emperan jalan.

“Dari sisi bahu jalan kiri dan kanan yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan parkir dan itu akan menjadi sumber pendapatan bagi Daerah,” ucapnya.

Metode itu, Ibarhim menjelaskan dapat menggenjot pemasukan bagi Daerah.

“Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada saat ini, dipastikan akan terjadi kenaikan PAD yang luar biasa, kurang lebih kenaikan mencapai 10 jutaan,” jelasnya.

Sebab, sejauh ini penagihan retribusi di terminal (stasiun) lokasi pasar Sula, dinilai belum dapat mencapai target yang ditentukan.

“Yang kita asumsi dari terminal lama yang digunakan dan di tagih retribusinya, maka pendapatan kita hanya mencapai kurang lebih 4 jutaan, secara tidak langsung pendapatan kita tidak mencapai target,” ujarnya.

Selain itu, cara (jurus) baru tersebut, diprediksi dapat menurunkan angka kemacetan di wilayah pasar Kepulauan Sula.

“Mulai dari area pelabuhan umum, hingga sampai ke area terminal dan pasar. Saya berharap, penumpukan kedaraan atau kemacetan dijalan utama ini harus ditertibkan,” pinta barhim.

Penulis : HVD | YES