IBC, SANANA – Dinas Keuangan Kabupaten Kepulauan Sula didemo salah satu kepala desa karena menilai Dinas Keuangan lamban merealisasikan pencarian anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di 78 desa.

Sirajudin Umasangaji,selaku Kepala Desa Waitina saat menyampaikan aksi kritiknya di depan kantor Dinas keuangan Senin,(12/4/2020) merasa resah dengan lambatnya kinerja dinas keuangan dalam merealisasikan pencairan DD dan ADD di sejumlah desa di Kepulauan Sula.

“Besok sudah memasuki Ramadhan harusnya pihak keuangan secepat mugkin memproses ADD karena ini menyangkut dengan keharmonisan dan kebutuhan hak kami dan beberapa staf sara, sehingga pihak keungan sampai sore kami pastikan harus sudah bisa di cairkan,” katanya.

Selain itu,Sirajudin mengharapkan kepada dinas keuangan, apabila pemberkasan ADD dan DD yang sudah masuk di keuangan tolog dipercepat proses pencairannya.

“Ketika kepala desa sudah sampaikan administrasi dokumen ke Keuangan tolonglah di percepat proses pencarian agar kami bisa melakukan proses pelayanan masyarakat dengan baik,” harapnya.

Secara terpisah Kepala Dinas keuangan Hardiman Teapon menyampaikan proses pencarian lamban karna bayaknya permintaan saat ini di Dinas Keuangan.

“Saat ini Semua diproses karena ada perubahan sistem di keuangan dari SIMDA ke SIPD sehingga kami berharap agar bisa bersabar karena Bayaknya permintaan di kantor kami namun semuanya kami proses insya Allah dalam waktu dekat semunya akan cair,” jelas Hardiman kepada IBC melalui telepon selularnya, Senin (12/4/2021).

Penulis : Sarif | YES