IBC, TALIABU – Upaya pemulihan pendapatan per’kapita di masa pandemi Covid-19, salah satunya adalah pemberian Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD).

Mulai 2020 lalu, pemberian BLT-DD disalurkan tepat pada sasaran yang berpatokan dengan sejumlah ketentuan.

Hal tersebut sebagaimana yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Losseng, Kecamatan Taliabu Timur Selatan, Pulau Taliabu, yang sejauh ini menyalurkan BLT-DD ke masyarakat Desa setempat dinilai berjalan mulus.

Dimana, proses ke objektifan penerima dimulai dari rekapan data dan selanjutnya disalurkan.

Sementara itu, jumlah penerima BLT-DD di Desa Losseng per Kepala Keluarga (KK) sebanyak 74 orang. Agenda pembagian BLT-DD itu disalurkan pada Senin (12/4/2021) dua hari lalu.

Kepala Desa Losseng, Harnono La Yai membenarkan bahwa, penyaluran BLT-DD 2021 ini, diberikan sekaligus 2 bulan berjalan.

La Yai menyebutkan, berdasarkan prosedur penerima BLT-DD per’kk sebanyak Rp300.000 perbulan.

“Namun karena diberikan sekalian dua bulan, maka nilainya jadi Rp 600.000 ribu, dan itu wajib diterima untuk dua bulan,” ucap Layai kepada media IBC, Rabu (14/4/2021) pagi tadi WIT.

Selanjutnya La Yai menjelaskan, sesuai regulasi yang mengatur, proses pencairan BLT-DD tahun lalu dan tahun ini dinilai adanya perbedaan.

“Dimana pada 2020 kemarin, BLT-DD itu cairkan per’triwulan sementara tahun 2021 ini, BLT-DD dibagikan langsung per’bulan,” jelasnya.

Penulis : HVD | YES