IBC, SUMSEL – Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Republik Indonesia (RI) gelar kegiatan sosialisasi kebijakan penataan ruang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2021 di The Alts Hotel Palembang, Rabu (21/4/2021), namun sangat disayangkan kegiatan yang dipimpin oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Abdul Kamarzuki yang diduga menggunakan anggaran Negara tidak boleh diliput wartawan.

Dalam pantauan kegiatan tersebut kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dimana terlihat saat pembagian makanan kotak untuk para peserta dalam keadaan berdesak-desakan di meja makan.

Salah seorang panitia yang tidak menyebutkan namanya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi penataan ruang oleh kementerian ATR/BPN RI ini tidak mengundang media.

“Kita tidak menyediakan waktu wawancara dengan wartawan karena Bapak Dirjen mau pulang ke Jakarta, tidak boleh wawancara door stop, kegiatan tidak usah diliput,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi kebijakan penataan ruang khusus untuk tim publikasi dari Ditjen Tata Ruang Kementerian ATR dan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Implementasi kegiatan ini dilaksanakan didaerah, tapi tidak usah diliput wartawan dan tidak boleh wartawan wawancara,” tegasnya.

Sementara Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN RI Abdul Kamarzuki usai kegiatan sosialisasi kebijakan penataan ruang dalam PP Nomor 21 Tahun 2021 berusaha menghindari wartawan karena tidak mau diwawancara dan bersama pejabat lainnya berusaha keluar dari tempat kegiatan melalui pintu keluar lainnya yang berada dibagian belakang hotel.

Penulis : Zul | YES