IBC, TALIABU – Warga Desa Buambono Taliabu Utara, mengapresiasi hadirnya perusahaan Taliabu Godo Maogena (PT TGM), yang berlokasi di Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Kehadiran PT TGM tersebut, dinilai dapat merintis lapangan pekerjaan bagi masyarakat Pulau Taliabu terkhusus kepada masyarakat lingkar perusahaan tersebut.

Hal itu didikte mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat tani di wilayah desa sekitar.

Pantauan dilokasi Kamis (22/4/2021) kemarin, bertempat di Kantor Desa Buambono, terdapat puluhan warga menyambut sosialisasi dari pihak tim survei yang terhimpun dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara.

Pertemuan bersama masyarakat Desa Buambono itu, dalam rangka memastikan langsung terkait persetujuan dan kesepakatan masyarakat atas operasinya PT TGM tersebut.

Mata Ena, salah satu warga Desa Buambono, mengakui bahwa kehadiran PT TGM di tengah pandemi Covid-19 adalah solusi bagi mereka.

“Kami setuju dengan adanya PT TGM, karena kami juga sangat butuh lapangan pekerjaan yang nantinya kami bisa bekerja,” ucapnya saat disambangi wartawan.

Selanjutnya Mata Ena menyampaikan, di lain sisi warga Buambono bisa mendagangkan hasil bumi sendiri.

“Masyarakat Buambono Juga bisa jual sayur-sayur lebih mudah ke PT TGM karena dekat saja,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengaduan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Maluku Utara, Biorata Tidore, mengatakan telah menerima persetujuan masyarakat Buambono soal kehadiran PT TGM di Taliabu.

Biorata menjelaskan, tujuan pemantauan itu, untuk menyelesaikan tentang informasi PT TGM yang beredar di masyarakat setempat.

“Pada kenyataannya kita sudah ketemu dengan warga dua Desa yakni Jorjoga dan Buambono ini, nyatanya informasi tersebut dengan yang ada dilapangan tidaklah benar. Maka dari inilah akan kami murnikan informasi itu di tengah-tengah masyarakat lingkar perusahaan tersebut, sehingga masyarakat tidak akan resah lagi dengan keberadaan perusahaan ini,” ungkap Biorata.

Selain itu, Biorata mengakui, keinginan masyarakat untuk mengaktifkan perusahaan tersebut sangat diharapkan.

“Tadi kenyataannya (saat sosialisasi), masyarakat sangat mendukung, dan mengatakan bahwa jangan sampai suatu ketika perusahaan tersebut kita mencabut izinnya, artinya mereka inginkan agar perusahaan yang bersangkutan aktif dengan jangka waktu yang lebih lama,” tandasnya.

Penulis : HVD | YES