IBC, SUMSEL – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Panca Marga (PPM) melantik kepengurusan Pimpinan Daerah (PD) PPM Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2020-2025.

Acara pelantikan tersebut mengangkat tema kembalinya PPM dibawah naungan legiun veteran Republik Indonesia kita kabarkan nilai-nilai jiwa semangat nilai 45 demi keutuhan NKRI bertempat di Gedung markas daerah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sumsel, Senin (26/4/2021).

Ketua Umum PPM Berto Izaak Doko mengatakan dengan adanya pelantikan PD PPM Sumsel yang merupakan bagian terpenting buat PPM pusat karena dengan hadirnya PPM Sumsel untuk kejayaan pada masa-masanya.

“Ini tugas Gerry Iskandar menjadi harapan kami dimana kami mempunyai mimpi dari sekian mimpi bahwa kejayaan PD PPM Sumsel harus kembali pada era Gerry, karena ini sudah terlalu lama ditinggalkan kejayaan senior-senior merintis mendirikan dari awal PPM,” harapnya.

Berto menegaskan dengan terpilihnya Gerry pada Musda sebelumnya bukan hanya sekedar Musda tetapi seyogyanya yang diakui oleh PP PPM melalui rekomendasi dari legiun Veteran di Provinsi Sumsel bahwa Ketua PD PPM Sumsel dibawah pimpinan Gerry Iskandar Alamiah

“Siapun dia yang melakukan Musda tetapi tidak diakui legiun Veteran dia bukan pimpinan PD PPM Sumsel karena mereka sudah dibekukan sebelumnya, jadi secara de fakto dan de jure saudara Gerry Ketua PD PPM Sumsel yang menang karena Panca Marga (PM) kode yang paling luhur di republik ini kepunyaan dari pada legiun Veteran sesuai dengan sumpah Panca Marga,” tegasnya.

Selanjutnya Berto membeberkan mengenai program PP PPM untuk disampaikan ke daerah yaitu Jiwa Semangat dan Nilai (JSN) 45 yang menjadi tugas utama pimpinan pusat dan akhir Mei sesudah lebaran akan turun langsung kedaerah melaksanakan sosialisasi ke seluruh provinsi di Indonesia

“Ini dilakukan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini dengan harga mati,” ujarnya.

Dirinya menuturkan bahwa PPM adalah organisasi perekat bangsa dan tidak boleh berpolitik praktis dan selalu ada bersama-sama dengan pemerintah untuk menjaga keutuhan NKRU dan JSN 45.

“Saya yakin dan percaya PD PPM dibawah pimpinan saudara Gerry Iskandar Alamiah bisa merekatkan semua komponen pemuda yang ada di Provinsi Sumsel dan yang paling penting buat kami PPM tidak bisa lepas dari Legiun Veteran dan kalau ada yang menamakan PPM itu mandiri tidak ada karena yang menjadi pembina PPM adalah Legiun Veteran,” ucap Berto.

Sementara Ketua PPM Provinsi Sumsel Gerry Iskandar Alamiah mengatakan bahwa untuk program pertama setelah dilantik yaitu melaksanakan konsolidasi ke walikota, melaksanakan kegiatan sosialisasi JSN dan 4 (empat) pilar program PP PPM.

“Dan dalam waktu dekat kita akan bekerja sama dengan Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Sumsel untuk mempersiapkan kader-kader PD PPM untuk dilatih penanganan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah),” kata Gerry.

Terakhir Gerry menyatakan bahwa sudah berkomunikasi dengan cabang PPM kabupaten kota di Sumsel bahwa banyak permasalahan yaitu gedung Veteran dikabupaten kota yang sangat-sangat memperhatikan karena tidak ada bantuan dari pemerintah daerah.

“Saya harapkan kepada pemerintah daerah memperhatikan legiun-legiun veteran yang bagian dari pada veteran pejuang bagaimana mengangkat harkat dan martabat para veteran-veteran pejuang ini dan gedung veteran yang hampir di kabupaten kota Sumsel dalam keadaan rusak,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES