IBC, SUMSEL – Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri S didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan dan Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Selatan (Sumsel) memimpin apel Gelar Pergeseran Personel Polda Sumsel Bantuan Kendali Operasi (BKO) Polrestabes Palembang di lapangan Apel Polda Sumsel, Jum’at (7/5/2021).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di Palembang sebagai implementasi dari Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021,tentang PPKM berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan, untuk pengendalian Covid-19.

Irjen Pol. Eko Indra Heri menyampaikan bahwa selama penerapan PPKM di Palembang adalah upaya untuk penurunan kasus Covid-19 karena saat ini Kota Palembang dalam kondisi zona merah dan pemberian bendera merah dan kuning sesuai dengan zona wilayah masing-masing dalam rangka memberikan motivasi untuk Pemberantasan Covid 19.

“Hal ini untuk memotivasi personel membuktikan PPKM efektif untuk menurunkan angka terinfeksi baru atau pun yang meninggal sehingga kebijakan pusat ini dilanjutkan PPKM Mikro ditingkat kelurahan, tingkat RW dan RT,” ucapnya.

Orang nomor satu di Polda Sumsel ini menuturkan bahwa TNI – Polri akan mengoptimalkan peran Babinsa, Babinkamtibnas, kelurahan dalam hal tracer yang berfungsi memberikan informasi kepada masyarakat terkait bahayanya Covid-19 serta membantu ketua RT-RW menjelaskan tata cara penanganan pandemi Covid-19 yang sesuai dengan ketentuan dan mulai menjelaskan pelaksanaan prokes dan mengedukasi masyarakat rajin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak, memakai masker dan tidak berkerumun serta mengurangi mobilitas masyarakat.

“Kita akan mengamankan, mencari informasi dan melacak orang-orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 serta memberikan assistensi untuk masukan pada masyarakat sehingga diharapkan dengan penerapan PPKM berskala Mikro ini kedepan angka kasus Covid-19 di Palembang bisa menurun,” tutup Eko.

Penulis : Zul | YES