IBC, SULA – Pemerintah Desa (Pemdes) Modapia, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, dinilai tak sesuai target desa, lantaran melakukan pembelanjaan mesin desa tanpa mengacu pada usulan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2020.

Diketahui, berdasarkan APBDes 2020, pengadaan mesin Desa Modapia tersebut yang dicanangkan yakni mesin 5 PK berjenis ketinting, akan tetapi yang dibelanjakan adalah mesin 5 Horse Power (HP) berjumlah 2 unit.

Sementara itu, anggaran belanja desa Modapia 2020 lalu sebesar Rp132 juta, namun yang direalisasikan hanya kurang lebih Rp65 juta.

Atas hal itu, Pj Kepala Desa (Kades) Modapia, Sulman Sapsuha, mengakui kesalahannya, atas masalah tersebut.

Atas pengakuannya, Sulman berjanji bakal menggantikan mesin tersebut pada penyusunan APBDes 2021 ini.

“Kami siap menggantikan mesin 5 HP yang sudah terlanjur di belanjakan itu, dan saya janji ketika selesai pilkades baru dibelanjakan mesin 5 PK jenis ketinting,” ujar Sulman, beberapa hari yang lalu.

Untuk itu, kedepannya anggaran pembelajaan mesin desa berjenis ketinting 5 PK yang akan diganti berjumlah 2 unit, dengan nilai Rp 30juta.

“Jadi tetap mesin tersebut akan digantikan, di dalam APBDes 2 Unit mesin 5 PK dengan jumlah sebesar 30 Juta Rupiah,” tandasnya.

Penulis : HVD | YES