IBC, JAKARTA – Klub Serie A Inter Milan secara resmi mengumumkan pemutusan kontrak dengan pelatih yang membawa Nerazzurri Juara Liga Italia musim 2020/2021 Antonio Conte.

“FC Internazionale Milano mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk pemutusan kontrak dengan pelatih Antonio Conte,” tulis laman resmi Inter, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB.

Di tangan Conte, Inter yang puasa gelar selama 11 tahun akhirnya meraih gelar Scudetto kesembilan belas musim ini dan klub sangat berterima kasih kepadanya.

“Seluruh klub ingin berterima kasih kepada Antonio atas pekerjaan luar biasa yang telah dia lakukan, yang mencapai puncaknya dengan memenangkan Scudetto kesembilan belas. Antonio Conte akan tetap selamanya dalam sejarah klub kami.” tambah laman resmi Inter.

Mantan manajer Chelsea, Italia, dan Juventus itu sangat marah dengan rencana Inter menjual sejumlah pemain top musim panas ini untuk membantu mengatasi situasi keuangan mereka yang berbahaya.

Conte ingin mempertahankan delapan pemain yang dia anggap “tak tersentuh” ​​termasuk Milan Skriniar, Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez.

Lukaku senang di Inter tetapi kepergian Conte, ditambah dengan klub yang perlu memangkas biaya, telah menimbulkan tanda tanya atas statusnya di klub.

Kemana kira-kira Antonio Conte akan berlabuh pada musim depan?

Mengingat kesuksesan Conte dengan Inter dan reputasi yang mengesankan di dunia sepak bola, dia kemungkinan besar tidak akan kekurangan calon pelamar jika dia benar-benar pergi.

Berikut adalah beberapa klub yang berpotensi menggaet mantan pemain tim nasional Italia ini.

Real Madrid
Menyusul kampanye mengecewakan Real Madrid, posisi Zinedine Zidane sangat terancam di Bernabeu.

Jika Zidane pindah, tidak banyak manajer yang tersedia di sepakbola dengan CV yang mengesankan seperti Conte.

Karena tidak pernah melatih di Spanyol, dia mungkin menyukai tantangan gaya sepak bola baru, dan tawaran untuk memimpin tim terbesar di dunia adalah salah satu yang tidak dapat ditolak oleh banyak orang.

PSG
Bisakah Paris Saint-Germain tergoda untuk meninggalkan proyek Mauricio Pochettino mereka demi Conte?

Pemain Argentina itu hampir tidak pernah berhenti sejak kedatangannya setelah tersingkir dari Liga Champions pada tahap semifinal dan gagal mengamankan tempat pertama di Ligue 1.

Ada beberapa desas-desus bahwa Pochettino tidak bahagia di Paris, dan bisa membuat kejutan kembali ke Spurs jika dia bisa memperbaiki keadaan dengan Levy.

Dan mungkin ada godaan dari semua pihak untuk melakukan perubahan, dengan Conte tampaknya akan menunggu untuk menggantikan posisi Pochettino.

Napoli
Jika preferensi Conte adalah tetap di Italia, ada posisi yang baru dibuka tersedia di Napoli.

Manajer mereka Gennaro Gattuso baru-baru ini mengumumkan kepergiannya setelah timnya nyaris lolos dari kualifikasi Liga Champions dengan finis di urutan kelima di Serie A, dan dia akan menghadapi Fiorentina mulai awal musim depan.

Napoli, tentu saja, adalah klub besar secara historis, dan Conte mungkin menikmati tantangan untuk mengembalikan mereka ke masa besar.

Di sisi lain, dia bisa saja melihatnya sebagai langkah mundur mengingat mereka tidak akan terlibat dalam kompetisi elit Eropa musim depan, dan ada juga tanda tanya bagaimana Napoli mampu memenuhi tuntutan gajinya.

FC Porto
Klub lain dengan ukuran yang sama dengan Napoli yang bisa memiliki posisi terbuka segera adalah tim Portugal FC Porto.

Ada laporan bahwa Napoli sendiri dapat beralih ke bos Porto saat ini Sergio Conceicao, yang tampaknya hampir pasti akan pergi musim panas ini.

Dan itu berarti mereka bisa melakukan upaya ambisius untuk meyakinkan Conte untuk mengambil alih kepemimpinan di Estadio do Dragao.

Kemampuan untuk menawarkan sepak bola Liga Champions memberi Porto bonus, bersama dengan prospek tinggal di kota yang indah dan liga baru yang belum pernah dialami Conte.

Namun, dia mungkin melihatnya lagi sebagai langkah mundur, dan kemungkinan besar akan menunggu pembukaan di salah satu klub elit.

Penulis : FA | YES