IBC, TALIABU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulau Taliabu, melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Taliabu, Senin (31/5/2021).

Hal itu dilakukan, untuk melengkapi dokumen soal dugaan kasus korupsi pada bangunan Puskesmas Sahu-Tikong yang dikerjakan pada 2016 silam, yang saat ini berada dalam tahap penyidikan.

Pantauan di lokasi, sekira pukul 13:00 WIT, penggeledahan dilangsungkam oleh 4 tim penyidik Kejari Taliabu, diantaranya, Kasi Pidsus Andi Aprizal, Kasi Pidum I Made Eddy Setiawan, Kasupsi Penyidikan Hariyadi Eka Nugraha, Kasupsi Pra Penuntutan, Yudhi Harioga.

Dalam pemeriksaan, penyidik berhasil menyita sejumlah dokumen dari ruang Kasubag Keuangan dan Penyusunan Program Dinkes Taliabu, termasuk menyegel beberapa brangkas yang diduga kuat tersimpan berbagai dokumen penting.

Tak hanya Diskes, penyidik juga berhasil melakukan penggeledahan serupa di kantor ULP Pulau Taliabu.

“Sempat hari ini yang kita geledah ada dua tempat yaitu, kantor Dinas Kesehatan dan kantor ULP Kabupten Pulau Taliabu,” ucap Kajari Agustinus Herimulyanto kepada sejumlah wartawan di kantornya.

Agustinus menerangkan, penggeledahan hanya bisa dilakukan setelah kasus yang ditangani sudah pada tahap penyidikan.

“Setelah mempertimbangkan hasil pemeriksaan yang sudah ada, ternyayada beberapa dokumen yang belum mencukupi untuk pembuktian, maka kita lakukan penggeledahan itu.Yang jelas dokumen dari perencanaan, pelaksanaan lelang tender, kemudian penandatanganan kontrak sampai dengan pembayaran-pembayaran,” terangnya.

Sebelumnya, Kejari Pulau Taliabu telah berhasil mengantongi keterangan dari 12 orang saksi terkait dugaan tindak pidana pada bangunan Puskesmas Sahu-Tikong, dimana satu diantara yang diperiksa adalah Kadis Kesehatan Taliabu.

Pada kasus ini, penyidik menemukan kerugian keuangan negara sebesar Rp1,98 miliyar, meski telah adanya pengembalian dari pihak terkait berjumlah Rp500.000.000,00.

Sementara itu, dalam proses penggeledahan, Kadis dan Kasubag Keuangan Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, dikabarkan masih berada di luar daerah.

Penulis : HVD | YES