IBC, JAKARTA – Sejumlah mantan Pengurus Pusat Partai Rakyat Demokratik (PRD) mendeklarasikan Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Selasa (1/6/2021).di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta.

Deklarator PRIMA, Agus Jabo Priyono mengatakan bahwa partai baru yang ia dirikan tersebut menawarkan visi politik kesejahteraan dan mewakili kelompok masyarakat kecil dan terpinggirkan.

“PRIMA partainya rakyat biasa, lahir di tengah pusaran arus kehidupan bangsa yang keras, baik karena pandemi, masalah ekonomi yang semakin jauh dari prinsip-prinsip kemanusiaan dan keadilan, polarisasi kehidupan berbangsa yang akut, dan hilangnya gagasan besar untuk membangun kehidupan yang adil, aman, dan damai,” kata Agus.

Agus berujar partainya masih mempersiapkan syarat-syarat agar dapat mengikuti Pemilu 2024.

“Kami sedang mempersiapkan syarat administrasi dan syarat lain sebagaimana diatur dalam undang-undang untuk bisa ikut pemilu 2024. Kami yakin dengan kekuatan yang dimiliki kami bisa memenuhi syarat tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya Agus menjelaskan PRIMA telah sah sebagai badan hukum dan telah mengantongi surat keputusan (SK) pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) pada Desember 2020.

Insya Allah, kami siap, apalagi ada waktu satu tahun untuk pendaftaran,” jelasnya yang didampingi oleh pengurus Dewan Pengurus Pusat PRIMA.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PRIMA Dominggus Oktavianus Kiik mengatakan PRIMA telah memiliki perwakilan atau dewan pengurus di 34 provinsi, 387 kota/kabupaten, dan 3.100 kecamatan.

“Jumlah anggota masih belum didata secara rinci,” kata Dominggus mengenai partai politik yang baru dideklarasikannya itu.

Berikut susunan pengurus PRIMA periode 2020-2025:

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP): R Gautama Wiranegara;

Ketua Umum: Agus Jabo Priyono;

Sekretaris Jenderal: Dominggus Oktavianus Kiik;

Bendahara Umum: Diena Charolin Mondong;

Wakil Ketua Umum: Alif Kamal, Maaruf Asli Bhakti, Wahida Baharuddin Upa;

Wakil Sekretaris Jenderal: Rini Hartono, Surya;

Wakil Bendahara Umum: Minaria Christyn Simarmata, Kelik Ismunanto;

Juru Bicara: Farhan Abdillah Dalimunthe, Rintis Yulianah, Samsudin Saman, Fentia Budiman, Arkialos Baho, Intan Nurbakti, Mesak Habary.

Penulis : DS | YES