IBC, MALUKU UTARA – Satu anggota Pol-PP mencegat peliputan sejumlah wartawan, tepatnya di Aula Kantor Gubernur Malut, Jum’at (4/6/2021) sore tadi.

Pemblokiran peliputan tersebut, merupakan perintah dari ketua panitia Pelantikan, Idham Umasangaji dan pihak Humas.

“Saya diperintahkan oleh pihak humas dan panitia pelantikan agar melarang dan menghalangi pers untuk peliputan,” kata Uki, anggota Satpol-PP Pemprov Malut kepada wartawan, di lokasi pelantikan.

Padahal sebelumnya, sejumlah media yang bertugas di Provinsi Malut dan Biro Sula, telah berkomunikasi langsung ke pihak Karo Humas Malut, responnya adalah hal tersebut akan disesuaikan.

Soal larangan itu, Panitia Pelantikan Bupati Sula, pihak Humas serta anggota Satpol-PP dinilai melanggar UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Berdasarkan tuntutan aturan itu, ketiga pihak tersebut menabrak pasal 18 (1) yang berbunyi “Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat (2) dan ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun, atau dengan denda Paling banyak Rp500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah).

Penulis : HVD | YES