IBC, TALIABU – Pemrintah Kabupaten (Pemkab) Taliabu melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Terpadu (DPMPTSP), hingga kini tidak mengantongi data izin pertambangan yang hendak beroperasi.

Padahal, seluruh izin aktivitas pertambangan perlu diketahui oleh pihak Dinas tersebut.

Kepala DPMPTSP Taliabu, Jamudin Jamau, mengatakan pihaknya belum mengetahui berapa PT yang beroperasi di Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Jamudin kemudian menyentil, termasuk anak cabang perusahaan yang aktif di PT. Adidaya Tangguh (ADT), belum dipastikan data terbarunya.

“Yang kami tahu kan di dalam ADT ada PT, saya juga belum ada data itu dan harus kami kesana. Mungkin (di dalam PT. ADT) ada 11 kalau tidak salah itu ada perkembangan lagi, untuk laporan mereka itu yang harus kita kejar, maka harus kita lihat kesana,” kata Jamudin kepada wartawan dikantornya, Jum’at (4/6/2021).

Selain itu diinformasikan, di tahun 2021 ini, terdapat 2 perusahaan yang bakal beroperasi, diantaranya PT. Persada Hasana Pertiwi, berencana mengeksplorasi batuan andesit, berlokasi di Kecamatan Taliabu Barat dan Taliabu Barat Laut Kabupaten Pulau Taliabu.

Dan PT. Bumi Sumber Teladan, yang juga berencana mengeksplorasi batuan andesit, berlokasi di Desa Kasango, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Penulis : HVD | YES