IBC, NUNUKAN –  Terganggunya pembangkit berdampak pada padamnya listik di wilayah Kecamatan Krayan, Kalimantan Utara.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah melakukan upaya penanganan agar listrik segera kembali normal.

“Pada Kondisi Normal system ULD Krayan terpasang 6 Unit Mesin Tenaga Diesel yang beroperasi dengan total daya mampu 680 KW dan beban Puncak sebesar 310 KW sehingga terdapat cadangan 370 kW. Saat terjadi gangguan pada Senin (31/05), sistem kelistrikan Krayan kehilangan daya hingga 310 kW. Hal ini dikarenakan salah satu unit pembangkit mengalami gangguan dan 3 diantaranya sedang dalam proses pemeliharaan” ujar Manager PT PLN Persero UP3 Kalimantan Utara Suparje Wardiyono keoada awak media, Jum’at (4/6/2021) siang.

Menurut Suparje hingga hari Jum’at ini pihaknya telah melakukan upaya percepatan penanganan gangguan. Diantaranya dengan mengoperasikan mesin pembangkit tambahan melalui relokasi dari Bunyu, Bulungan.

“Disisi lain, PLN juga telah mengirimkan sparepart guna memperbaiki mesin-mesin yang tengah mengalami gangguan. Diharapkan sparepart ini tiba pada hari ini, Jumat (04/06). Jika mesin telah beroperasi Kembali, maka sistem akan mendapatkan tambahan daya sebesar 200 kW” ucapnya lagi.

Selain itu lanjut Suparje, PLN juga masih mengupayakan penambahan unit pembangkit dari Batu Putih, Berau sebesar 220 kW. Mesin pembangkit ini dikirimkan melalui jalur darat dan laut menuju Krayan. Diharapkan mesin tambahan ini sudah dapat beroperasi pada  minggu pertama bulan Juli 2021.

“PLN akan terus mengupayakan percepatan pemulihan sistem kelistrikan Krayan agar pasokan listrik bagi pelanggan segera normal kembali. Atas ketidaknyamanan yang dirasakan dari sisi pelanggan, PLN memohon maaf yang sebesar-besarnya” imbuhnya.

Penulis : GKS | YES