IBC, TALIABU – Pada umumnya, Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam, selain dari itu juga sebagai simbol persatuan. Dimana, Masjid dimakmurkan oleh umat Islam dari penjuru dunia.

Perspektif itu kemudian dibangun atas kekuatan iman oleh umat Islam yang terhimpun dari dua dusun, yakni Dusun Bakiki Desa Sahu dan Dusun Mentenes Desa Tikong, Taliabu Utara, Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Dengan tekat kuat, mereka mendirikan Masjid Nurul Iman menggunakan dana dari hasil keringat masing-masing lewat pembentukkan panitia, sejak 2016 silam.

Masjid Nurul Iman, terletak di pertengahan Kecamatan Taliabu Utara itu, agar kedua desa tersebut dapat menyamai langkah dengan jarak yang sama.

Meski begitu, sejak 2016, pembangunan Masjid Nurul Iman sempat terhenti, lantaran anggarannya terbatas.

“Dari panitia yang pertama itu hanya sampai di ring balok, kemudian tidak lanjut selama beberapa tahun ini, panitianya juga sudah bubar,” kata warga Desa Tikong, Tirowali, seraya bercerita, Sabtu (5/6/2021).

Atas tertundanya pembangunan Masjid selama beberapa tahun, alhasil pria yang dijuluki warga se-kampung Daeng Tiro itu kemudian dipercayai menjadi Ketua Panitia.

“Karena kita mau punya masjid sendiri, akhirnya kita berembuk kembali bentuk kepanitiaan baru, dan saya yang jadi ketua. Jadi kita bikin proposal bawa di Desa Tikong dan Nunu juga di Desa Sahu, kita juga siap kotak amal jadi itu yang membuat pekerjaan berjalan hingga saat ini,” urainya.

Dari situ, kinerja panitia di bawah konsep arsitekturnya, progres akselerasi pembangunan masjid tersebut capai 50%, meski dimaratonkan selama 4 bulan lamanya.

“Kalau diperkirakan, pekerjaan sudah mencapai 50 persen, karena masih banyak yang kurang, apalagi, kami juga mau buat terasnya lagi, sementara diluar belum plaster, di dalam juga begitu,” ujar pria kelahiran Bugis itu.

Untuk itu, pihaknya bakal mengupayakan penyelesaian Masjid tersebut, guna menyambut hari besar umat muslim kedepannya.

“Kami akan usahakan sudah bisa dipake pada hari raya haji nanti, jadi sementara fokus cari dana sambil pekerjaan terus berjalan. Selain itu kami berharap, siapapun dapat membantu biar kita bisa pakai pada hari raya haji nanti,” pintanya.

Penulis : HVD| YES